Legenda Tuan Tapa dan Putri Naga

Sejarah Tapaktuan dengan Legenda Tuan Tapa dan Putri Naga

Legenda Tuan Tapa dan Sepasang Naga

Legenda Tuan Tapa dan Sepasang Naga

Tapaktuan sangat terkenal dengan sebuah Legenda Tuan Tapa dan Putri Naga. Cerita tersebut sangat hidup didalam masyarakat disana. Cerita ini sangat mudah untuk dapat kita dengar dari A sampai Z. Adapun Legenda tersebut dibarengi dengan ornamen ornamen yang memiliki bentuk dan rupa seperti yang tersebut di dalam cerita tersebut. Ada baiknya saya ceritakan sedikit tentang Legenda Tuan Tapa dan Putri Naga itu.

” Alkisah, dizaman dahulu kala, di Aceh Selatan hidup sepasang naga . Sepasang naga ini, memiliki anak perempuan yang disebut Putri Naga atau Putri Bungsu. Putri ini cantik jelita.  Putri nan rupawan ini, menurut cerita didapat dari laut kepas disaat selesai badai dahsyat yang menenggelamkan sebuah kapal dari daratan cina.

Konon, pada saat itu, sepasang naga tersebut sedang menyusuri lautan yang bergelombang. Si Naga jantan tiba-tiba berhenti, tertegun memperhatikan sebuah titik hitam di tengah laut. Titik hitam itu menarik perhatiannya. Lamat-lamat titik hitam itu kian mendekat ke arah sang naga disebabkan oleh arus gelombang laut. Si Naga Jantan dan Betina terus memperhatikan titik hitam itu. Ketika titik hitam itu semakin mendekat, Sang Naga melihat adanya kayu pecahan dari sebuah kapal dan diantara kayu-kayu tersebut terdapat seorang bayi mungil tersangkut diatas kayu yang mengapung.

Bayi mungil ini terapung-apung dipermainkan ombak hingga akhirnya sepasang naga itu menolong dan mengasuhnya disarang mereka. Karena sepasang naga tersebut tidak mempunyai keturunan lalu bayi mungil itu mereka jadikan sebagai anak pungut dan diberi nama dengan Putri Bungsu atau lebih dikenal dengan nama Putri Naga. Syahdan, sepasang naga dan si putri bungsu mendiami sebuah daratan disekitar Desa Batu Itam (nama sekarang-red) Kecamatan Tapaktuan Aceh Selatan.

Memang pada masa itu memang sering terlihat masuknya kapal – kapal dagang dari negeri asing ke wilayah Aceh Selatan untuk membeli rempah-rempah yang tumbuh subur didaerah tersebut. Menurut cerita, nilam, cengkeh dan pala merupakan komoditi yang paling banyak terdapat di daratan Aceh Selatan, makanya lalu lintas perairan dikawasan itu cukup ramai.

Kembali kecerita, Sepasang naga itu sangat senang mendapatkan putri berbentuk manusia. Dengan suka cita sepasang naga tersebut mengasuh dan merawat si putri. Sementara itu, setelah selamat dan menepi kedarat orangtua kandung si Putri (asal dari cina -red) begitu sedih kehilangan buah hatinya setelah perahu mereka kandas dihempas badai dahsyat. Mereka berpikir bahwa anak perempuan kesayangannya sudah hilang tenggelam dalam laut, sehingga dengan perasaan pilu (menurut cerita) merekapun kembali kenegeri asal dengan menumpang kapal dagang lain.

Kedua Naga itu sangat menyanyangi putri pungut mereka. Bahkan, Naga betina selalu memeluk putri kecil itu dalam cengkeramnya agar tidak hilang. Layaknya anak-anak, Putri bungsu setelah sadar dari pingsannya, ketakutan dan menangis sejadi-jadinya begitu melihat sosok Naga yang menyeramkan. Walaupun sedih, sepasang naga tersebut berupaya agar Putri bungsu tidak merasa ketakutan dan mau menerima mereka sebagai keluarga barunya. Seiring waktu, Putri bungsu akhirnya menerima keadaannya dan bergaul dengan hangat dengan sepasang naga tersebut.

Saking sayangnya pada Putri Bungsu, naga jantan menciptakan tempat bermain nan indah di gunung itu. Mulai dari tempat pemandian si putri hingga tempat – tempat lainnya dipenuhi agar Putri Bungsu suka dan tidak pergi dari mereka. Semua Semua itu dilakukan agar Putri Bungsu betah tinggal bersama mereka.

Pemandian Tingkat 7

Pemandian Tingkat 7

Begitulah, sementara itu waktu terus bergulir. Putri Bungsu pun sudah merangkak remaja. Kedua ekor naga tersebut sangat memuji akan kecantikan Putri Bungsu. Matanya sedikit sipit, kulit yang putih serta pembawaannya yang anggun membuat sepasang naga makin sayang kepada Putri Bungsu. Mereka sangat memanjakan sang putri. Sementara itu, Putri Bungsu yang bertahun-tahun tinggal dan menetap bersama dua ekor naga dalam sebuah gua mulai merasa tidak betah. Berkali-kali dia meminta pada ‘orangtua asuhnya’ agar diperkenankan untuk melihat daratan dan melihat orang-orang, namun kedua naga tidak menyetujui. Dalam anggapan mereka, apabila si putri diizinkan keluar, maka kemungkinan untuk ditinggalkan sudah tentu ada. Itulah sebabnya Putri Bungsu tidak pernah dibawa ke daratan.

Hingga pada suatu hari, Putri Bungsu bertekat untuk segera meninggalkan kediaman orang tua asuhnya tersebut. Niat untuk melarikan diri ini pun dirancang dengan matang sehingga kedua naga yang cerdas itu tidak mengetahui. Hari demi hari terus berlalu, Putri Bungsu yang jelita semakin patuh pada aturan sang naga. Hal ini membuat sepasang naga yakin dan percaya bahwa si putri tidak akan meninggalkan mereka. Oleh karena itu, sering terlihat sepasang naga pergi mengarungi lautan dan meninggalkan Putri Bungsu sendiri di goa kediaman mereka.

Putri Bungsu bukanlah gadis yang bodoh. Walaupun sering ditinggalkan sendiri sehingga peluang untuk pergi terbuka, tapi demi menjaga kepercayaan sang naga kepadanya, dia membiarkan keadaan tersebut berlangsung. Bahkan, pada suatu hari ada terlihat sebuah kapal yang melaju agak dekat dengan kediamannya. Dalam hatinya merasa sangat gembira manakala terlihat olehnya manusia-manusia yang berpakaian rapi berdiri dianjungan kapal. Saat itu dengan berani, Putri Bungsu mulai sering menampakkan diri dipenggir goa agar kehadirannya disitu menjadi perhatian setiap kapal yang lewat.

Hingga pada ketika, disaat sepasang naga berpamitan untuk pergi agak lama sehingga harus meninggalkan sang putri sendirian digoa. Putri Bungsu sangat girang karena dalam kurun waktu tersebut, rencana untuk melarikan diri akan terlaksana. Begitulah, setelah puluhan kilometer naga berlalu, ada sebuah kapal berlayar dan kebetulan sudah menyaksikan keelokan sang putri dan nakhkoda kapal pun segera bersandar didekat pulau itu kemudian membawa Putri Bungsu berlayar. Biasanya, setiap kapal tidak berani dekat-dekat dengan pulau tersebut karena sering bertiup angin kencang dan sering membuat awak kapal sangat kerepotan menjaga agar tidak tenggelam. Hal ini disebabkan oleh ulah kedua naga itu yang tidak ingin tempat mereka didekati.

Setelah Sang Putri berlayar, ditempat lainnya, Naga betina merasa hatinya tidak nyaman sehingga memutuskan untuk kembali kekediaman mereka. Namun betapa bingungnya kedua naga itu karena keberadaan putri bungsu tidak terlihat. Seluruh sudut pulau itu mereka susuri namun Putri Bungsu sudah hilang. Naga Betina sangat sedih sementara itu naga jantan marah.

Akhirnya diputuskan untuk mencari Putri Bungsu dilautan lepas. Sasaran mereka adalah kapal-kapal yang lewat. Kebetulan dilautan terlihat sebuah titik hitam yang melaju dekat dengan sebuah pulau besar. Dengan segera kedua naga tersebut mengejarnya. Setelah mengintai, mereka melihat Putri Bungsu berada disana. Kedua naga sangat marah, mengira Putri mereka diculik manusia sehingga kapal dan seluruh penumpang menjadi terancam. Dengan ketakutan, seluruh penumpang kapal berteriak – teriak. Angin membawa teriakan mereka pada sebuah goa yang bernama Goa Kalam. Didalamnya terdapat seorang tua yang sedang bertapa. (Tidak ada keterangan yang jelas siapa nama sebenarnya dari tokoh ini-red). Orang tua ini disebut dengan Tuan Tapa. Tuan tapa yang mendengar jeritan dan teriakan ketakutan merasa tidak tentram. Lalu, Tuan tapa mengambil tongkatnya dan keluar dari goa. Dengan kesaktiannya, Tuan Tapa melihat dengan jelas ditengah lautan terjadi perkelahian antara sepasang naga dengan penumpang kapal.

Goa Kalam

Goa Kalam

Tanpa menunggu, Tuan Tapa kemudian merubah ukuran tubuhnya menjadi besar. (menurut cerita, laut didaerah Tapaktuan hanya sebatas pinggangnya -red). Setelah itu dengan pesat, Tuan Tapa menengahi perkelahian yang tidak seimbang itu. Namun sepasang naga yang sudah kalap berbalik menyerang Tuan Tapa. Karena terjadi gelombang besar akibat gerakan sepasang naga itu, Kapal pun terlempar jauh. Perkelahian antara sepasang naga dengan Tuan Tapa berlangsung seru. Bertubi – tubi kedua naga menyemburkan api dari mulutnya sementara ekor dan cakar mereka tidak ketinggalan menyerang. Begitulah, berkat kesaktian dari Tuan Tapa, semua serangan sepasang naga berhasil diredam.

Akibat perkelahian itu, Pulau besar yang berada ditengah laut pun hancur dan terpisah-pisah menjadi 99 buah (selanjutnya disebut dengan Pulau Banyak, pulau ini berada di kabupaten Aceh Singkil)

Hingga pada suatu ketika, Tongkat Tuan Tapa berhasil mengenai tubuh naga jantan sehingga hancur terberai. Darahnya memancar keluar, sebagian besar terpencar ke bagian pesisir dan membeku (Selanjutnya tempat dimana darah naga itu tumpah disebut dengan Desa Batu Sirah atau Batee Mirah). Sementara hati dan jantungnya juga tercampak kepesisir (daerah ini disebut dengan desa Batu Itam atau Batu yang menghitam -red). Naga Jantan mati dengan tubuh hancur.

Melihat pasangannya mati,  Naga betina ketakutan lalu melarikan diri.  Demi menghindar dari kematian, Naga Betina yang panik lari tanpa tujuan dan menabrak sebuah pulau lainnya sehingga pecah menjadi dua pulau (selanjutnya disebut dengan Pulau Dua, berada diwilayah laut Kecamatan Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan).

Sementara itu, akibat dari pertempuran antara sepasang Naga dan Tuan Tapa, masih meninggalkan jejak berupa tongkat. Setelah dipugar, Tongkat itu, dipercayai sebagai tongkat Tuan Tapa.

Kemudian, Bagaimana nasib sang Putri? menurut cerita, Sang Putri akhirnya kembali hidup normal layaknya manusia dan hidup bahagia bersama kedua orangtuanya didaratan cina.

Dan Lagenda ini telah diperkuat dengan beberapa bukti yang telah ditinggalkan oleh Si Tuan Tapa berupa Tongkat dan Topinya yang berada di tengah laut Tapaktuan dan hanya bisa di lihat dari sebuah gunung yang bernama Gunung Lampu menjelang pasang sudah surut. Kemudian sebuah Tapak kaki dan makam Tuan Tapa yang ukurannya besar.

Ornamen pendukung cerita Legenda Tuan tap dan Sepasang Naga

Ornamen pendukung cerita Legenda Tuan tap dan Sepasang Naga

Begitulah sedikit cerita tentang Legenda Tuan Tapa dan Putri Naga dari Kota Tapaktuan menurut versi yang saya kumpul dari beberapa tokoh masyarakat Aceh Selatan. Banyak versi yang beredar didalam masyarakat. terlepas dari beragam versi tersebut semuanya tidak lain hanya ingin memperkenalkan bahwa inilah Kota Naga, Inilah Tapaktuan dengan legendanya yang hebat  agar generasi mendatang mengetahui tentang asal usul sebutan Kota Naga yang melekat dengan Kota Tapaktuan.

Keterangan gambar:

1). Batu Merah, 2). Batu Itam, 3).Makam Tuan Tapa, 4). Goa Kalam, 5). Alu Naga dan 6). Bekas Tapak kaki tuan tapa

*disunting kembali pada, 5 Januari 2014 tanpa merubah inti cerita

118 komentar

  1. Ass saya masi keturunan aceh dr nenek dan bpk lahir di aceh tp kake padang … Sampai saat ini blm pernah ke aceh ingin sekali lihat tongkat tuan tapa sama peci nya

  2. mmmm…..
    I Like It …….

  3. akhmadi · · Balas

    kenapa banyak cerita legenda banyak di padang

  4. saya sebagai orang aceh bangga bisa melihat langsung topi dan tongak nya…
    ada gc yang mau berkunjung ke kabupaten sayang hub:082364450070
    em@il: poetri.vin@yahoo.com

  5. wandi · · Balas

    tapaktuan….
    mantap bro

  6. BEKAS KAKI KANAN YG ADA DITAPAKTUAN ADALAH BEKAS TAPAK KAKI RAJE LINGGE DR TAKENGON SAAT MELINTASI PULAU PERSIA INI YG SEKARANG NMNYA ASIA TINGGINYA 25 METER HIDUP PD ZAMAN NABI NUH SAW,KLU TAPAK KAKI KIRINYA BERADA DITAKENGON,KLU CERITA NAGANYA ADALAH JELMAAN DR ANGEK GARANG YG BERASAL DR PADANG,SEDANGKAN TUAN TAPA ADALAH ANAK KE 4 DR RAJA LINGGA YG DIUTUS UNTUK MENDIRIKAN KERAJAAN DITAPAKTUAN

    1. saya kurang stuju dgn pendapat anda, memang kita boleh bebas berpendapat, dan itu adalah hak semua manusia. tetapi yg anda komentari ini apa sudah anda ketahui siapa, dan
      kebenaran sejarahnya..? Tolong anda buktikan bukti sejarahnya. jangan sembarangan memberi komentar kepada orang yg belum anda kenal.

  7. teuku iswardi · · Balas

    cerita sangat menarik bagus bangat

  8. tpi ceritanya kurang lengkap dosanak..Sekalian dengan penama’an gampung2 yg lain kyak air pinang,gnung trbang & lain2..

  9. Pajrul · · Balas

    Photo Tapak kaki tuan palsu, masukkan aja yang realnya apa adanya.
    Saya orang Tapaktuan asli sudah sering mancing ke Tapak.

    1. anda mengatakan orang tapak tuan Asli, di mana alamat saudara di tapak tuan. kenapa berani sekali anda mengatakan bukti tapak Tuan Tapa Palsu. apa anda tidak takut dengan kebohongan anda, apa sudah siap anda memerima resiko dengan kebohongan anda. saya sangat kagum dan sedih, atas komentar anda yang mengatakan Tapak Tuan Tapa Palsu. sangat berani saudara dengan komentar anda, mengaku penduduk asli tapak Tuan. semoga anda di beri keampunan atas komentar anda.

  10. Mantap ceritanya, tapi itu benar apa tidak?

    1. pergi aja nanti,,,, contohnya president SBY sudah pernah ke tapak tuan,,, klu nga percaya juga,,,,,

  11. Naga Betina lari hingga membelah satu pulau sehinnga menjadi dua. Maaf.. Saya hanya menambahkan, mungkin Pulau yang dimaksud (Pulau Dua) berada diwilayah laut Kecamatan Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan.

    1. trimakasih sudah melengkapi :)

  12. fitraeva yushwandanivisra · · Balas

    tapaktuan the best…… ;)

    1. Sipp :)

    2. yusfarizal · · Balas

      benar apa yang diktakan oleh sahabat kita tadi, siapa yang berminat untuk menjadi tempat wisata bahari sangat bagus, karena tersedia pelabuhan yang memadai di peinggir jalan negara untuk mencapai pulau tersebut butuh waktu 15 menit dengan objek wisita bawah laut yang memikat dan terumbu karangnya yang eksotis

  13. shofiaannisa · · Balas

    cerita tapaktuan memang the best……………

    1. terima kasih :)

  14. USSY · · Balas

    i like ,,, saya orang aceh juga ,ibu saya orang aceh selatan ,,tp?? saya msih sangat penasaran dgn kota tapak tuan ,,semoga saja saya bsa mengisi hari2 saya di kota itu,, sngat bangga mempunyai kampung halaman di tapak tuan,,andai saja sejarah kota ini dapat di ketahui oleh semua dunia,,bsa menjadi situs dunia dan dpat menjadi ilmu bgi pendidikan khusus@ di ACEH

  15. Kerennnn…. Sekali Ceritanya. Tapi shilla Belum melihat Langsung, Insya allah Nanti akan kesana dech.

    Follow Twitter Saya ya Sobat
    @AshillaJasmine

  16. herlina · · Balas

    Kami mengambil gambar dipantai Tapak Tuan, bagus banget, bernilai artistics, Hanya Jalan menuju ke pantai Tapak Tuan harus dirawat, kebersihannya, jalan setapaknya harus ‘safe’, untuk mencapai lokasi ‘tapak’ dipinggir pantai kami harus berpegangan pada pepohonan agar tidak jatuh.

  17. zumardi chaidir · · Balas

    Bagi para pembaca yg ingin mendapatkan buku Legenda Tapaktuan dapat menghubungi langsung pengarangnya yaitu Bapak Darul Qutni Ch yang sekarang bertugas sebagai pengawas SD di Kota Tapaktuan no hp 081973758972 atau 081360393000 (anak beliau)

    1. zumardi · · Balas

      085277333717 Darul Qutni Ch (no hp baru pengarAng buku legenda TAPAKTUAN)

  18. TAPAKTUAN IS THE BEST

  19. kasmukara · · Balas

    like,,,

  20. tapak tuan mang tob . . . . . . . . .

  21. teuku.firman · · Balas

    gua juga orang aceh selatan…tinggal di gunung rotan labuhan haji timur…gua bnga dngan sjarah tpak tuan dan ular naga…

  22. cut nessa · · Balas

    I LOVE U.,.,
    ACEH SELATAN DAN PELUMAT/GUNUNG ROTAN

    0838O6144411

  23. Aceh Selatan….
    menurut ramalan lon akan menjadi objek wisata terkenal indonesia di masa mendatang

    Tolong lihat blog saya
    http://kisahacehselatan.blogspot.com

  24. Zulkharnaini · · Balas

    Semua itu hanya ALLAH semata yang tau….
    peubut tanyoe ta meudakwa teuma $@#^&*()%$#@#@>…..!!!

    yang penting, kiban geutanyoe penerus A.Selatan untuk membangun A.selatan yang lebih baik….


    because everyone was always accompanied by mistake “

  25. Ruarrr biasssa

  26. hendri mayandi · · Balas

    manthap

  27. fajar · · Balas

    ceritanya bagus,sbaiknya pra komentar pertama hargai dulu cerita yg sudah di update,mslah benar engga benarnya itu memang belum pasti,krna pada saat itu kita belum hidup.dan mnrut pendapat saya kita sudah membantu memebesarka tentang sejarah tapaktuan,aceh itu sudah cukup,thanks all tapaktuan is the best in wold.

  28. teuku iswardie · · Balas

    menarik sekalai ceritanya

  29. Fauziah nur habibah · · Balas

    Mmmz kurang jelas ceritanya ,,,
    oh ya mau tanya tapak tua itu mati gara2 apa dan bentuk tapak tua itu seperti apa ,?
    Quq telapaknya besar kali tpi ktanya ia mnusia yg sdg bertpa,emng dia mnusia yg bda ea dgn manusia lain
    Dan putri naga itu bisa diketahui orang tuanya aslinya itu kayak mana ceritanya ? batu dan tanah yang berwarna merah itu aturannya bisa dinampakkan juga ….

  30. saya orang aceh slatan …
    Alhamdllah sya sdah liat langsung tapak tuan tapa yg di gunung lampu..
    Mmang luar biasa…sangat bsar..

  31. dina · · Balas

    tp kok tapaknya cuma satu yg terlihat,nah dr komen di atas ad satunya lg di takengon,jd sepasang yg kelihatan,trus tapak tapak yg bekas di jalan yg lain kok ga kelihatan ya…seharusnya kan jd banyak telapak kaki yg terlihat,apa lg tuan tapanya bertarung dengan naga,bekas tapak tapak yg lain mana???

  32. H. TARMIZI A.Md. · · Balas

    nama aja legenda bisa benar bisa tidak, ya itulah legenda, cerita mengenai naga kok kayaknya ada pengaruh kisah mitos cina yaa

  33. cerita nya tidak menarik, tidak nyambung sangat berbaur dan bertele tele, tidak memiliki gaya bhs sedikit pun. Cerita yang tidak ada referensi, tidak ada fakta sejarah. Ini bvkan legenda tapi cerita rakyat.

  34. saya pernah ke Darussalam Labuhan Haji,kebetulan tidak jauh dengan tapak tuan.maka sempatkan melihat bukti legenda Tapak Tuan &saya udah melihat langsung tapak tuan,makam tuan tapa,trus juga naganya yang ekornya dibelang kursi tempat duduk.saya bukan kurang percaya,tapi memang tidak percaya karena faknya
    Tapak tuan tapa tidak sesuai dengan makamnya,aturan kalau segitu panjang & lebar tapaknya,makamnya minimal harus ada bareng 50meter,tapi saya lihat paling cuma 25meter.sedangkan tapaknya aja hampir 18meter.trus masalah Naga dalam al-qur’an hadist kitab&bahasan ulama juga belum ada yang mengatakan adanya binatang yang bernama Naga.secara ilmiah juga belum ada ilmuan yang mengatakan adanya binatang yang bernama Naga.
    Ek dipeunget but cina ciret,awak Aceh Selatan.
    Karena menurut saya hanya cerita tipuan cina Kuno.bukan legenda yang patut dibanggakan.

  35. macho · · Balas

    saya asli aceh jga, Aceh Barat Atau Nagan Raya krn kedua kabupaten itu dekat dengan rumah saya… klu untuk cerita legendanya memang sangat menarik, bahkan Kabupaten Aceh Selatan jga terlihat sangat indah dipesisiran pantai dengan terumbu karang yg sangat eksotik dan sangat indah dipandang mata untuk dijadikan tempat wisata…. namun akan kisah tersebut saya tidak bisa percaya krn itu sangat meragukan seperti komentar amin yg diatas komentar saya ini, saya juga belum pernah menemukan kata2 yang membenarkan naga itu ada apa lagi didalam Al-Qur’an, naga itu hanya ilusi manusia dan cerita dari dongeng ke dongeng…., seperti komentar diatas saya juga mengenai tuan tapa dan kakinya, secara logika kita pikir mustahil telapak kaki manusia lebih besar dari manusia itu sendir atau hampir sama besarnya dengan dia, kemudian mengenai telapak kakinya yang satu di Aceh Selatan dan yang satu lagi ada di Takengon apa mungkin dengan jarak atau panjang makamnya segitu yg kira2 25 meter berdasarkan komentar juga telapak kaki tuan tapa bisa segitu jaraknya bahkan sampai puluhan kilo meter atau mil jaraknya antara kaki kanan dengan kaki kirinya….., Tapi terus terang saja saya sangat suka dengan legenda ini apalagi legenda ini berasal dari aceh meskipun bukan dari tempat lahir saya sendiri…akan tetapi saya hanya tidak mengakui kebenarannya karena saya tidak yakin

  36. hebat dongengnx

  37. cut eka framitha · · Balas

    menurut saya,, sejarah aceh selatan tapak tuan itu memang benar.karna sebelum nya saya pernah mendengarkan cerita nya langsung dari ayah saya.dan ayah saya berasal dari aceh selatan. tapi saya sendiri,belum pernah mengunjungi tempat ini,, jadi pengen…….

  38. JOlie · · Balas

    stau saya bkn Desa Batu Hitam tp Desa Batu Itam., n stau saya di Batu Itam ga da pulaunya,.
    @bro amin n macho ,. klo ga tau arti Legenda dalam pelajaran Bahasa Indonesia,. sekolah lagi ya.,

  39. cerita yang melegenda dan sangat bagus nih.

    Pintu Aluminium

  40. Benar ap gk y,cerita ny jdi penasaran ne?~_~ · · Balas

    Bener gk y,cerita ny
    jdi penasaran

  41. Benar ap gk y,cerita ny jdi penasaran ne?~_~ · · Balas

    Bener gk y,cerita ny
    jdi penasaran ~_~

  42. iwiss. · · Balas

    menuruet sy ito btl ….krena di bilang dongen ya dongeng.di blg ia memag iy… jadi …bgimn.

  43. yessineun · · Balas

    Kisahnya menarik sih, tergantung siapa yg nulis…. :p
    Sebenernya, kisah diatas tuh menggunakan alur apa sih?? (Maju, mundur atau maju-mundur?). Pusing aja bacanya, krn menurutku kurang dapet inti ceritanya, tidak tau apa sebenernya yg ingin disampaikan penulis, pesan moralnya? Atau pesan religiusnya!? Mungkin bs dikoreksi lg, demi kesempurnaan kisah yg masi aq anggap fiktif ini~

  44. Saya sedang berada di Tapak Tuan …. Luar biasa dan nilai wisata yang manstaf

  45. Blog ini memang sempurna…
    Setelah baca semua comment
    manusia yang bernama mahjasjakfar commentator paling kurang hajar
    saya mengecam coment anda, tidak punya otak
    Yessineun, bila ingin mendapat cerita lengkap,saya bersedia mneceritaknnya kepada anda, atau saya memberikan buku Legenda Tapaktuan kepada anda

    amin juga orang yang kurang hajar mencela aceh selatan

    Semoga mereka diberi ampunan…
    Amiinn..

    Foto tapak yang asli (sebelum di cor) sangat sulit di temukan
    karena dulu dokumentasi sangat jarang..
    dulu saya punya satu, tapi sudah di delete..

  46. yessineun · · Balas

    @Fardani Yudha Satria : “tidak punya otak
    Yessineun,”
    Terimakasih atas komennya:), tapi aq punya otak koq Yud! “Nih, otak qu!” :D (*nunjukin gambar otak*):p
    Resiko menjadi seorg penulis adalah siap utk dikritik tulisannya. Karna itu adalah suatu konsekwensi logis bagi setiap penulis agar tulisannya menjadi lebih mendekati sempurna. Ahh… Sebenernya aq mau bilang : “Hey, Penulis! Boleh dong aq kritik tulisanmu.”
    Hehee… :p

  47. bole minta versi Inggris nya? :D

  48. cantiknya · · Balas

    TUAN TAPA kok bisa jadi TAPAK TUAN. TAPA itu kan bersemedi, sedangkan TAPAK itu artinya KAKI. Gmn?? Ayoo!?

  49. Mungkin di katakan TAPAKTUAN karena ada tapak kaki tuan tapa di daerah itu :)

    1. Asmara · · Balas

      Kalau TAPAKnya sebesar itu maka sebesar apa pula tubuhnya, lalu di goa mana ia berTAPA. Sebab Naga itu sendiri tidak pernah ada dlm kenyataan tetapi hanya ada dlm ceritaan, sama seperti MA’OB. Siapa yg pernah jumpa Ma’ob?

  50. Asmara · · Balas

    DONGENG YANG BAGUS

  51. baby · · Balas

    penasaran sama jejak kaki nya itu, beneran kah? @_@

    Pest Control

  52. bagus juga tuh buat dongeng simonik sebelum tidur. :D

  53. Legenda tuan tapa ini menarik sekali.

  54. pelor · · Balas

    sekarang percya2 gak percaya tentang legenda tu terserah ama kita menanggapi a bgaimana!!
    da satu daerah juga yg panjang kuburan a sama panjang a kaya kuburan tuan tapa di tapak tuan.
    yaitu daerah kab. ACEH BARAT DAYA, pemekaran dari kab. aceh selatan tepat daerah lama muda dan lama tuha..
    tapi klo anda mau kesana niat harus bersih biar anda bisa melihat kuburan itu dan peninggalan portugis…jangan tesesat atau mati sia….
    percaya gak percaya kembali sama klian…

  55. Amey Artiss · · Balas

    setiap dearah kan punya cerita masing masing..
    kita sudah hidup di abad keberapa skr,,???
    sedangkan cerita itu sudah ada sebelum kita lahir..
    dan nama sebuah daerah diangkat hasil dari tragedi yang terjadi di daerah itu sendiri..
    tugas kita (generasi muda) adalah memelihara sejarah karena kita juga bahagian dari masa lalu..
    buktinya sudah jelas ada., ada tapak kaki.,ada tongkat.,ada topi.,ada pulau dua.,ada batu hitam.,ada batu merah.,ada pulau banyak.,ada kuburannya.,ada patung naga.. ada ada aja hehehe..ni lah sejarah..anda sudah pernah kesana dan melihat langsung.,
    nikmati laa keindahan panora Alam Tapak Tuan atau Kota Naga yang begitu indah..
    selamat menikmati.. ya broooo.. da daaaa

  56. Having read this I believed it was really enlightening.
    I appreciate you taking the time and energy to put this
    information together. I once again find myself personally spending a
    lot of time both reading and posting comments. But so what, it was still worth
    it!

  57. cr22crazy · · Balas

    mantaapp,, ambo org taluak asli……

  58. hy aku jery d aceh utara,memang benar adanya naga di aceh selatan setahu aku naga haya ada dalam dongeng tapih ada juga mengatakan naga dulunya besarang di aceh.

  59. memang benar adanya jejak kaki di tapak tuan atau itu hya buatan manusia saja

  60. It’s genuinely very complex in this full of activity life to listen news on Television, so I only use the web for that purpose, and obtain the hottest information.

  61. ichsan · · Balas

    haha,,
    iko anak taluak asli,,
    jika anda hnya mndgr crta tapak tuan dri mlut kemulut blm lengkap rasanya,jika anda blm dtg n mlht lgsg tmpt2 prasejarah yg msh trtingal di kampung awak ini.jika saudra/i smua ingin prg ktmpt peningalan prasejarah/wisata yg ada ditapak tuan.
    jika tdk da tmn,tdk sulit qox.saya siap membwa anda ksmua tmpt sjrah/wisata yg da ditaptu, dari awal crta yg anda dgr hnga akhr.
    anda dpt menghbngi saya.

    hp:085207222437

  62. aq penasaran mau lihat langsung tapak kaki besar itu..

  63. Kalo di lihat dari komentar2 saudara kayaknya ada perdebatan. Tapi, perlu kita sadari bahwa tidak semua hal peristiwa di dunia ini dapat diterangkan dengan cara pembuktian realistis seperti mengukur dari volume sebuah air di dalam tabung. Jadi, intinya saya kurang setuju dgn komentar yang mengatakan kuburnya aja 25 mtr kok ukuran kaki 18 meter.dan seharusnya banyak tapak disitu. Namanya juga orang sakti. Dan dari seorang tapa sakti. Bisa saja ada tapak nya sekecil pasir. Tapi, kita tidak melihatnya. Terima kasih. “hanya tuhanlah yang tahu”

  64. Naga dalam artian sebagian kata bahasa adalah ular yang besar. Kalaupun memang di Al_qur’an naga tidak di sebutkan. Tapi kurasa tentang ular ada. Sama seperti kisah nabi Musa .as yang menjadikan tongkatnya jadi ular besar guna melawan ahli sihir fir’aun keparat gitu. Apa anda tidak percaya dengan kisah ini. Kalau ia seorang muslim mesti mengimani kisah itu. Bisa jadi alur kisah itu kembali terjadi di waktu yang lain dan di lokasi yang berbeda. Karna tidak ada yang mustahil bila Allah SWT berkehendak. amin..

  65. @yessineun ini bukan pelajaran bahasa indonesia yang terikat aturan sampiran dan alur maju mundur dan bait2. Tapi, inti dari kisah ini. Sekuat apapun kejahatan itu lama kelamaan pasti terkalahkan. Mumet..

  66. Aku hanya bisa bilang “WOW” buat penulis cerita ini.
    “I like it”
    lanjutkan

  67. 17011996 · · Balas

    lanjutkan,………..

  68. saya juga orang aceh selatan nama saya cut riza nissa permata saya suka cerita anda

    I LOVE ACEH SELATAN

  69. ACEH SELATAN IS THE BEST
    BANGGA DENGAN KMPUNG SENDIRI
    YANG KAYA AKAN ALAM
    SAYA SUKA DENGAN CERITA ANDA
    SEMOGA ACEH SELATAN TERKENAL DISELURUH DUNIA

  70. salma · · Balas

    Luaar biasa, bâяu denger ∂âπ ada beberapa teman âкü
     juga Ɣªήğ penasaran

  71. RIEZMAN GYLA · · Balas

    cerita yang tidak masuk akal… terlalu percaya dengan mitos,smua tidak benar … yg berkuasa dan yg lebih mengetahui…(ALLAH S.W.T)

  72. zlkiran · · Balas

    Aceh Selatan, historynya is the best !

  73. legenda adalah cerita dari masa ke masa yang diceritakan olh nenek moyang turun temurun ,, masing masing daerah kita di indonesia punya legenda ,, ini untuk menambah wawasan bahwa negri kita kaya akan kisah perjalanan sejarah.

  74. sahidin, S.Pd · · Balas

    kira kalau naga jantanya yang mati,, trus naga betinanya gimana kabarnya sampai sekarang,, bukankah naga betinya hanya lari ketakutan sehingga membelah pulau tidak ada keterangan matinya sampai sekarang,,. dan kalau boleh tau tuan tapanya anak pasangan dari siapa ya,,, kan putri naga ada ayah dan ibunya… nah masak tuan tapa gak ada ayah dan ibunya,, lagian meninggalnya Tuan tapa karena apa ya,,,?

  75. Ass…Saya Risma saya tinggal di Aceh keluarga saya orang Aceh semua tapi saya Gak pernah denger cerita ini…

  76. maria · · Balas

    Foto tongkat tuan tapa dan pecinya mana ? Penasaran baca cerita rakyatnya setellah nnt metro tv td

    1. candaw · · Balas

      saya juga baru nonton metro tv tdi. pass bnget ketemu legenda tapak tuan :D

  77. legenda boleh saja,tetapi ceritanya kalau bisa yang logislah dan tidak menyesatkan

  78. yusuf ismail · · Balas

    barusan liat di metro tv, ring of fire…

    ceritanya cm dibuat-buat, klo dlm islam masuk kategori israiliyat… g bs dprtanggung jwbkn kbenarannya… saya sangat tdk setuju jk cerita sprti ini dituturkan kpd anak2, selain mngandung kbohongan jg tdk ada pesan moralnya…

  79. candaw · · Balas

    perbedaan antara dongeng dengan legenda:
    1.dongeng
    dongeng bisa di sebut berita/cerita yang tak jelas, atau hanya ad di hlam hayalan di pikiran manusia.
    2. legenda
    legenda juga bisa di sebut cerita yang memang cerita fakta dan dari daerah tetsebut.

  80. Halo bro..aku save fhoto kaki ny yg sdh di rehab ulang,makasih ya..
    Trus aku mau komen juga ne.
    Objek NAGA mmg tdk ada di Indo hny ada di Ngr.China itu jg mitos. Tetapi NAGA di katagori kn ULAR BESAR(lihat cerita nabi MUSA.As) utk sebutan di Indo, Naga di China, Dragon di Inggris. Krn kseringan dgr cerita Naga, ular besar pun di JULUKI/bhs gaul ny NAGA. Sdangkn kita ketahui dlm Versi inggris naga tdk brbntuk Ular,ttapi bntuk Burung terbang.
    Untuk mslh KAKI & MAKAM itu bkn lh hal mustahil dlm ukuran ny, krn TAPA org yg SAKTI bisa saja beliau brubah wujud jd Raksasa, krn lawan tempur beliau tdk seimbang.
    Mskh bekas KAKI yg di ketemukn cuma 1 & tdk ada yg lain, krn beliau brtmpur di dalam air saat melihat naga mengejar perahu yg di tumpangi Putri.
    Terus mslh (tuan tapa & tapak tuan) adlh Tuan Tapa adalah aktor dr cerita ini,Tapak Tuan adalah bukti yg di ketemukan rakyak Aceh Slatan.

    Utk Penulis cerita jgn marah dgn kritikn org komen,krn komen bisa mmbuat kita lbih baik lg dlm mmbuat karya. Dan tdk ada guna ruang komen klo tdk ada yg komentar,penulis tdk akn bangga klo ruang komen ny sdikit.
    Buat yg komen seharus ny mghargai karya org lain,jgn di kritik yg tdk brpaedah krn bisa mmbuat para karya mnjadi down kalau memang kurang puas dgn cerita ny. Kritik lh yg mndidik & mmbangun agar para karya tmbuh lbh mapan & sukses.
    Sy mhn maaf klo ada kt yg menyinggun di komen ini.Trimakasih..

  81. Masalah cerita,dogeng,berita,legenda,atau apapun nama ny, Anggap saja hal biasa bro..jgn trlalu di ambil hati,sntai dan nikmatilah apa yg kita baca saat ini,bisa jd cerita ny bkn sprti ini.
    Yg mnceritakan ini sdh generasi kberapa dr seorang pndengar,krn cerita ini sdh turun temurun generasi ke generasi. Bisa benar bisa saja salah, bisa cuma cerita bisa saja nyata, hny Allah SWT yg tau kejadian ny. Contoh, Ada org nitip pesan omongan sama kita, kadang di tambah2 pesan ny, kadang bisa kurang kata2 pesan ny.
    Oke,deal..

  82. edi susanto · · Balas

    saya pengen sekali ke tapak tuan sama ke makamnya tuan tapa………………….saya orang jawa keturunan medan sibolga………………….

  83. nurillah · · Balas

    ada yg punya foto / gambar tapak tuan yg sblh kirinya gak ? katanya yg sebelah kiri ada disebuah gunung

  84. wah keren ….
    ada yang lain lagi gak legenda dari aceh

  85. deni · · Balas

    ada yng tau ngak ya kira2 abad keberapa tragedi tapak tuan saya sangat penasaran apa ada hubungan dengan cerita naga putri hijau

  86. Para pembaca yang baik, setelah komentar kalian saya baca satu persatu saya harus ucapkan banyak2 terima kasih atas saran, kritik dan hujatannya. Legenda tetaplah sebuah legenda. Terlepas dari benar atau tidaknya cerita tersebut kami pulangkan kepada pembaca masing2. Seperti halnya legenda Gunung Tangkuban perahu yg juga pnya cerita tersendiri, Legenda Danau Toba, Legenda Nyi roro kidul dan banyak lainnya. Semua itu mrupakan cerita yg turun temurun. Apalgi terdapat pula benda2 atau objek2 yang mendukung cerita tersebut sehingga cerita legenda itu menjadi hidup. Ujung2nya, semua kembali pada diri kita sendiri untuk percaya atau tidak. Saya hanya menceritakan kembali apa yg sudah saya dengar dari orang2 tua untuk sedikit mengingatkan pada generasi sekarang bahwa Aceh Selatan pnya sebuah Legenda yakni Tuan Tapa dan Naga. dmikian. :)

    1. yueng kalam · · Balas

      pak tolong alkisah malem diwa

  87. Kalo sya asli dri kota bireun yg skarang tnggal d kota meulaboh yg tdk bgitu jauh dri kota tapak tuan. . .
    Mndengar cerita anda saya jadi bersimpati untuk berkunjung ke kota tapak tuan untuk melihat peninggalan2 nya. . .
    Doain ya smoga sempat brkunjung ke kota tersebut??

  88. hidayat · · Balas

    terima kasih cerita legendanya, menambah khazanah cerita daerah tentang aceh selatan . . . . . ceritanya bagus

  89. Saya percaya dgn cerita diatas.
    Karna kalau tidak ada kejadian dari mana datang nya cerita.
    Emg dari mana datang ide penulis karangan cerita tsb kalau tdk Ǻϑά kejadian nya mendingan tidur aja dri pda mikirin cerita yng tdk d̲̅i̲̅] ketahui nya.
    Yng tdk prcaya begok,!! Itu aja pke d̲̅i̲̅] jelasin.

  90. Darul Qutni Ch · · Balas

    Assalamualaikum Wb.Wbr. Baru pagi ini (Senin,10/02/2014) terbuka oleh saya akun ini, dan setelah semua tulisan di web ini saya baca dan telaah satu kalimat demi satu kalimat, dapatlah saya simpulkan, bahwa kita semua butuh membaca “Buku Legenda Tapaktuan” yang saya tulis pada tahun 1996 dan sudah melalui seleksi (sayembara) penulisan naskah buku tingkat provinsi Aceh dan seleksi tingkat nasional (oleh Pusbuk) Depdiknas. Alhamdulillah buku ini memperoleh pemenang III Tigkat Nasional dan sudah diterbitkan oleh AdiCita Karya Nusa Yogyakarta dan sudah beredar di seluruh Inonesia dengan jumlah oplah pada cetakan pertama 44.000 eksamplar. Adapun semua keraguan dan ketidakyakinan pembaca di forum ini sudah terlebih dahulu ditanyakan Dewan Juri Penilaian kepada saya penulis baik di Banda Aceh maupun di Jakarta. Alhamdulillah semuanya bisa saya jelaskan secara logika. Dan untuk lebih puasnya para pembaca, setelah buku Legenda Tapaktuan selesai dibaca, mohon ajukan pertanyaan kepada saya, insya Allah akan saya jawab semampu saya. Dan Insya Allah juga tentang Sejarah Legenda Tapaktuan ini akan lebih jelas pada Buku Legenda Tapaktuan Jilid II yang sedikit hari lagi akan diterbitkan. Namun demikian saya selaku pengarang pertama yang membukukan cerita legenda ini tetap membuka kesempatan kepada siapa saja untuk menanyakan hal-hal yang diragukan atau yang tidak percaya. Terima kasih.

  91. Ryuzaki · · Balas

    Izin copas ya bro… Apapun kebenaran’nya benar atau tidaknya… Ini adalah suatu cerita rakyat nusantara yang di zaman skrg sudah mulai menghilang… Apa pun yg di ceritakan layakny untuk kita hargai… Karena semua cerita rakyat ini berasal dari negeri kita sendiri… Indonesia… Terima kasih bro… :)

  92. Geribaldi · · Balas

    setelah membaca semua koment diatas ada terselip kelucuan atas beberapa koment yg bersifat protes

    namanya jg cerita daerah, yg menurut pemikiran saya pribadi akibat adanya beberapa situs yg mendukung maka terciptalah sebuah cerita rakyat yg saling berkaitan dgn beberapa situs tsb, sehingga daerah tsb bernama atas cerita tsb

    seperti hal nya cerita malin kundang, tangkuban perahu atau nyi rorokidul, adakah yg dpt membuktikan secara nyata bhw cerita tsb benar adanya???
    apakah anda yakin batu yg sangat tdk mirip manusia tsb adlh si malin? berikut dgn katanya kapal tp tidak secara nyata spt kapal tsb benar adanya?
    atau anda percaya dgn org yg menendang perahu sebesar gunung shg terbalik terus menjadi gunung tangkuban perahu?? atau mgkn anda percaya bahwa org2 yg hilang di pelabuhan ratu sukabumi tsb akibat di ambil atau dijadikan tumbal oleh nyirorokidul?? padahal bukti2 ilmiah telah dpt membuktikan bagaimana org2 tsb terseret ombak
    cerita tetaplah cerita yg harus di hargai

    mengenai tapak di foto tsb memang tapak buatan agar cerita tsb tetap lestari, sedangkan yg asli telah nyaris hilang/rusak akibat erosi, cuaca dan dimakan zaman

    sedangkan kuburan panjang tsb, bagi saya pribadi itu adalah kuburan manusia jaman dahulu yg memang tinggi besar
    tapi apakah dia sang tuan tapa???
    wallahualam….

  93. Geribaldi · · Balas

    oh ya, saya lupa menambahkan cerita tsb dari org2 tua di kampung, kbrnya sang putri dibawa kembali ke negri cina oleh orang tua kandungnya, dan naga betina yg melarikan diri tsb mencari sang putri ke negri cina, sehingga ada cerita berkembang bahwa naga di cina yg telah melegenda tsb berasal dari aceh

    sekali lagi cerita hanyalah sebuah cerita utk dihargai dan dilestarikan

  94. yueng kalam · · Balas

    asalamualaikumwarahmatullahiwabarakatu;saya asli acehselatan lhr dimanggeng masakecil sy di kota kandang/kluetselatan sekarang sy berdomisili di jkt sy sangat bangga dengan legenda kampung sy! tapi klu bisa dari pemda aceh selatan agar mempasilitasi legenda ini dengan benar dan buat acehselatan dikagumi dunia kususnya indonesia! beknak proyek laju ek inova!!!!

  95. bagus ,sekali ceritanya saya orang banda aceh tapi saya belum pernah liat tapak nya doain aja ya supaya saya bisa kesana biar bisa liat tapaknya oke bro….trims

  96. ass.saya yuni, saya orang aceh selatan asli dan saya blum pernah tengok tapak kaki nya karna saya tidak dikasih sama orang tua saya karena banyak kejadian di gunung lampu itu makanya saya takut kesana dan saya pengen sekali liat topi dan tongkatnya tapi saya tak pernah melihatnya trims

  97. furwaty lingga · · Balas

    sya baru tau kisah ini, tpi ini kisah yang sgt bgus,,,,,
    terima kasih :)

  98. kiki · · Balas

    i love aceh selatan…….
    taluak..

  99. Legenda Tuan Tapa dan Putri Naga
    bagus banget

  100. ass. maf. hanya ingn tau apkh kisah yg anda crtakn ini bsa di percaya. klo tapak tuan dan togkat bserta naga-naga itu . sy percaya.krn itu bukti ada y mnusia bsar dan naga. ttpi mngenai ksah y sy blum bgtu yakin. krn byak crta yg sngat brbeda. apkh melalui hayalan ato dugaan. trmksg

  101. Irwansyah putra · · Balas

    saya prcaya dengan cerita ini…krna saya sudah melihat bukti lngsung…alhamdulillah saya ada keluarga di tapak tuan,jadi saya bisa berkunjung ke sana dan melihat bekas2 sejarah yg masih tertinggal hingga saat ini disana.

  102. […] Jika anda sedang berada di Aceh Selatan, saya merekomendasikan tempat ini untuk berdestinasi, apalagi bagi anda berjiwa traveller. Ya, situs yang sudah tenar dan melegenda ini merupakan bukti bahwa Aceh Selatan adalah salah satu kota legenda, sampai-sampai kota ini di juluki Kota Naga. Saya tak perlu lagi membahas panjang lebar pertarungan antara Tuan Tapa dan seekor Naga asal Cina itu, karena cukup mudah memang di temui tulisan-tulisan yang membahas tentang pertempuran tersebut  (jika anda belum tau ceritanya, Klik disini). […]

  103. Memoh · · Balas

    ambo urang taluak asli. tingga di pasa baru.. dibwah gulam.
    paniang mbo baco komentar” ee.. pai jo tauih ka tampek ee bau jaleh..
    memoh bna pulo.
    legenda ya legenda.. di tmpat asal msing” kan ada bnyak legenda” trsendiri…
    kalau klian udh smpai di tapaktuan gk bakal nyesal..
    dijamin.. kalau indak moda jo lahh..

  104. Ass..
    Wah kebetulan ini,kemarin
    28/05/014 sy bru plg dri tmpat tsb,heum…kalo peninggalan seperti tapak tuan tapa,tongkat dan tangkulok nya sy sempat saksikan,wow!!
    Sungguh menakjubkan dan ada kandungan mistis nya juga hehe,bila pngunjung sembrang kunjung (ria n tertawa berlebihan) wah bupati A selatan sja gk jamin keselamatan pngunjung,untung kmren nya wkt ngunjung ada teman disana yg mw temani(pemandu),tp mengenai cerita kisah kejadian itu sy bingung juga krn bnyak gk kompak cerita nya,(coba sj endatu aceh selatan kompak buat alur cerita kan kan sudah jadi sejarah yg bs buat pemirsa terpukau bila mengetahui nya hehe),tp sumpah bener aku uda nyaksiin tempat scr langsung,tmpat woW!!
    Ingin melihat foto yg asli dri sy pemirsa?
    Anasjtm@yahoo.co.id

  105. ass…saya asli aceh….cerita tentang tapak tuan tapa itu sudah saya dengar sejak saya masih kecil….karena di usia saya 7 tahun.. ibu saya sering menceritakan kisah naga dan tuan berkelahi di laut…yang saat itu versi dari ibu saya tuan ingin menyunting putri naga untuk dijadikan istrinya…tapi naga tidak menyetujuinya…sehingga terjadi perkelahian yang membuat nanga mati di bunuh oleh tuan tapa…dan itu hanya versi ibu saya yang mungkin mendengar cerita itu dari ibu nya juga..disini saya bukan benar atau salah tentang cerita itu,lebih kepada orang tua saya juga tau lagenda itu. saya sangat kagum dengan cerita yang diceritakan diatas mungkin lebih komplit ceritanya…dan di umur saya 14 tahun saya toorwisata bersama guru2 saya Mtsn meulaboh..sempat melihat tapak tuan sesuai di foto diatas…guru2 saya juga menyarankan sebelum berkunjung ke tapak tuan…jangan kegirangan berlebihan…atau meremehkannya….mengatakan yang tidak baik untuk tempat tersbut..di usia saya 37 tahun ini sangat kagum dan bangga karena putra2 daerah bisa menjaga lagenda sejarah terjadinya nama kota TAPAK TUAN..jangan sampai hilang cerita lagenda yang sangat bersejarah itu..lebih baik mengenal sejarah negri sendiri dari pada mengenal sejarah negri orang….

  106. Kalau menurut saya sih itu asli. Jadi kepingin ke aceh deh.

  107. ROMI,,,,,,,,,,,, · · Balas

    ANDA SEMUA BENAR BOLEH PULANG,,,,,

    saya asli dari medan yang dibawa merantau sejak umur 5 tahun (1991) ke Tapak Tuan oleh kedua orang tua saya, saya tumbuh besar di Kota Tapak Tuan walaupun yang disebut Kota hanya sebatas Tugu Aru (depan SD 9) sampai Pelabuhan saja (depan Hotel Panorama) dan yang berada disekelilingnya disebut Kampung (Kampuang),, Kampuang Padang, Kampuang Hilir, Jambo Apha dan banyak Kampuang lagi,, tapi saya senang tinggal disana walaupun teman-teman saya menjuluki saya orang India (Karena orang tua saya keturunan India) semasa SD saya sering bermain di belakang SPK (sekarang jadi AKPER) karena bnyak teman yang tinggal di situ dan saya sekolah di SD 9,,,,

    saya sudah banyak mendengar kisah-kisah Tuan Tapa, Ular Naga & Putri Naga tapi saya tidak pernah menanyakan cerita itu nyata atau tidak walaupun Bukti peninggalan dari cerita itu bisa kita lihat dengan nyata sampai sekarang,, jadi untuk apa memperdebatkan kenyatan cerita tsb teman-teman saya yang memang asli lahir di Tapak tuan saja belum tentu tau pasti ceritanya walaupun banyak buku yang menceritakan legenda tapak tuan apakah pengarangnya sudah hidup pada zaman itu,, kalau dari ceritanya pertempuran Tuan Tapa & Naga itu tahun berapa dan buku yang di terbitkan itu tahun berapa pula apa bisa dipastikan ke asliannya,,,

    Bagi saya Tapak Tuan itu tidak bisa di gambar kan dengan kisah, Legenda atau apapun itu,, hanya dengan mata kepala sendiri keaslian nya bisa terungkap,, dan juga kami sekeluarga mempunyai Kenangan Hidup yang Istimewa di Tapak Tuan (Tahun 2002 kami sekeluarga masuk Islam di Mesjid Tuo Kampung Padang) dan sampai saat ini masih ada keluarga yang tinggal disana (Nenek, Paman dan adik kandung saya) tinggalnya di belakang SMU 1 karena setelah Tamat SMU tahun 2005 saya kerja di Banda Aceh sampai tahun 2011,, tahun 2012 sampai sekarang ini saya di Palembang,, belum pernah saya jumpai tempat-tempat yang indah untuk di kenang selain di Tapak Tuan,,,,

    Bagi Rekan-Rekan dari ACEH yang hanya pernah membaca kisah-kisah dari buku karangan jangan cepat ambil kesimpulan yang tidak-tidak,, dari dulu DUNIA mengakui ACEH memiliki banyak kelebihan sehingga sukar untuk dikalahkan Penjajah,, saya lahir di Medan tapi saya mengakui darah saya DARAH ACEH karena saya Besar & Hidup dari TANAH ACEH,,, bagaimana dengan anda yang sudah turun temurun dari ACEH apakah tidak ingin MEMBANGUN ACEH,,,,,,

Bagaimana menurut anda... :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: