Tips Cegah Bahaya Facebook

TEKNOLOGI semakin canggih dan banyak kemudahan-kemudahan yang kita peroleh sehingga mempercepat apa yang kita perlukan untuk mecari informasi maupun hanya sekadar ingin tahu saja. Kita ketahui bahwa banyak situs jejaringan sosial yang semakin pupuler dan menjamur saat ini, salah satunya adalah dunia pertemanan Facebook.

Facebook juga dapat mengaplikasi dengan cara mengirim video, foto, bermain games, diskusi masalah agama, politik, sosial mauapun sastra dan masih banyak lagi kemudahan yang membuat hidup kita semakin asyik dan juga mengurangi stress akibat rutinitas yang selalu menjemukan setiap harinya di rumah, maupun di tempat kerja.

Namun dibalik teknologi pertemanan Facebook ini, ternyata ada beberapa orang-orang tertentu yang tidak bertanggung jawab melakukan perbuatan yang negatif. Dengan Facebook ini orang bisa melakukan transaksi narkoba, prostitusi, pencemaran nama baik, memasang foto yang tidak sopan dan pencabulan yang dilakukan seorang pria kepada gadis di bawah umur akhir-akhir ini. Ada juga para remaja yang masih duduk di bangku sekolah terkadang membolos saat sedang aktifitas belajar-mengajar di sekolah. Malah mereka membolos dan sedang berada di warnet ber-Facebook ria dengan teman di Facebook-nya. Kalau ini dibiarkan secara berlarut-larut akan membuat generasi kita terjebak sesuatu yang tidak berguna dan berakhir dengan masa depan yang sia-sia saja.

Cara Mencegah Bahaya Facebook

  1. Jangan gunakan indentitas asli saat mendaftar maupun sedang ber-Facebook-an.
  2. Waspada atau hati-hati kepada orang yang belum kita kenal.
  3. Ajak teman pada saat ingin berjumpa dan hidarkan apa bila di ajak ke tempat yang sepi
  4. Gunakan Facebook yang labih berguna dan bermanfaat saja.
  5. Hindari Facebook-an yang mengarah dari perbuatan negatif.
  6. Orang tua harus megawasi anaknya setiap saat kalau perlu diperketat pengawasanya. Semoga dengan  beberapa cara ini kita sebagai orang tua dapat mengantisipasi sedini mungkin agar kaum remaja yang menjadi tumpuan bangsa ini tidak terjebak asesuatu yang tidak kita inginkan.

So, sedikit tips ini semoga bisa membantu🙂

kutipan : Saiful

2 comments

  1. Waduh, kalo nggak pake nama asli gimana cara teman lama kita tahu diri ini?😦

    Lebih baik sembuyikan tanggal dan tempat lahir. Itu lebih baik.🙂

    1. Bang Asop, Kan itu sbgai pencegahan saja bang, bole dilaksanakan juga boleh diabaikan… yang penting HEPI….🙂 mudah2an gak ada yang jail pada kita selama menggunakan FB

Bagaimana menurut anda... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: