Pak Tebe dan Mukjizat

Saudaraku sekalian, Menjadi manusia seharusnya kita mampu bijaksana dalam memperhatikan, menimbang dan memutuskan suatu masalah yang dihadapi tanpa harus menunggu datangnya keajaiban.
Mengharap keajaiban datang disaat kritis adalah celaka, karena sudah pasti hal tersebut persentasenya sangat kecil untuk didapatkan, apalagi terkadang dalam hal ini kita malah mengabaikan uluran tangan atau saran dari orang lain, padahal bisa jadi Tuhan menitipkan keajaiban tersebut melalui orang yang kita tolak niatnya. Sudah sepantasnya kita menggunakan akal sehat dan mau menerima saran uluran tangan dari orang lain disaat situasi sedang tidak menguntungkan untuk kita hadapi sendirian.
Percayalah sahabat, terkadang Tuhan akan menitipkan sesuatu untuk kita pada orang lain dikarenakan kesukaan Tuhan melihat umatnya mau bersosialisasi tanpa pandang bulu dan sekaligus tetap menjalankan segala perintahNya.
Ada sebuah kisah yang kiranya agak cocok dengan tema diatas, semoga cerita ini bisa mendatangkan manfaat untuk kita.

Pada suatu hari terjadi banjir besar di suatu desa. Para warga mulai mengungsi dan ada juga yang menghindari banjir itu ketempat yang lebih tinggi sambil menyelamtkan barang – barang yg ada.
Di desa tersebut terdapat seorang warga yang sangat rajin beribadah dan sangat fanatik terhadap ajaran agamanya dan kita sebut saja namanya Pak Tebe. Akibat banjir tersebut dia kemudian naik ke atas atap rumah sambil terus berdoa minta keselamatan pada sang pencipta sambil melihat tinggi air yang sekarang sudah hampir mendekati atap tempat dia duduk.
Kemudian datang seorang warga yang menggunakan perahu kecil ke rumah Pak Tebe dan berkata; “Pak, ayo cepat ngungsi nanti tenggelam lho. Mari naik kemari”
Tapi jawab Pak Tebe; ” Tenang Tuhan pasti menolong saya..” maka warga tadi pun berlalu meninggalkan Pak Tebe yang masih diatas atap dan terus berdoa.

Besoknya, Sebuah rakit penduduk pun menghampiri Pak Tebe dan berkata; ” Ayo pak, ikut dengan kami kalau tidak nanti bapak tenggelam lho!”
Tapi Pak Tebe tetap menjawab; “Tenang Tuhan pasti akan memberi pertolongan pada saya. Silahkan kalian pergi..”

Maka pergilah rakit itu meninggalkan Pak Tebe yang sudah kedinginan dan lemas akibat hujan yang belum reda dan akibat sejak kemarin perutnya belum diisi.
Tak lama datanglah sebuah boat penyelamat yang melihat ada orang yg masih belum mengungsi yaitu Pak Tebe tadi.

si regu penyelamat berkata; “Ayo pak naik, nanti bapak tenggelam lho!!”
tapi lagi lagi Pak Tebe menolaknya dengan menjawab; “Sudahlah, saya tidak mau ikut, saya yakin Tuhan akan menolong saya. pergilah kalian”

maka menjauhlah boat itu sambil membawa pengungsi lain ke tempat yang aman.
Hingga Pada detik – detik terakhir datanglah helikopter dan menjulurkan tali ke bawah untuk mengangkat pak Tebe sambil berkata: ” Cepat pegang talinya pak, agar kami bisa menarik anda ke atas”
Namun Pak tebe malah memotong tali itu dan berteriak; ” AKU AKAN DITOLONG TUHAN, tinggalkan saja saya”.

Singkat cerita Akhirnya Pak Tebe tenggelam dan mati.

Setelah mati, Pak Tebe pun menghadap pada Tuhan
Tapi Pak Tebe marah pada Tuhan dan berkata: ” Tuhan mengapa Kau tidak adil? Engkau biarkan saya mati padahal saya percaya padaMu dan akan menolongku!!”
Sambil senyum Tuhan pun menjawab: “Hei manusia…,  kalau saya tidak menolongmu lantas untuk apa ada bantuan rakit, boat dan helikopter yang saya kirimkan kepadamu. Salahmu sendiri tidak menggunakan fasilitas tersebut untuk menyelamatkan diri.”

Mendengar Jawaban Tuhan, Pak Tebe pun sadar akan kekhilafannya. Dia terlalu mengharap datangnya mukjizat seperti malaikat datang dari langit dan mengangkat dia, ternyata perkiraannya salah besar.

Demikianlah sahabat, Sebagai sang Pencipta, Tuhan tetap akan menurunkan pertolongan untuk umatnya namun terkadang pertolongan tersebut dititipkan pada mahkluk lain entah itu hewan ataupun bisa jadi tumbuhan.
Kita tidak akan pernah tau semua itu karena Tuhan punya rahasia. Bukan kah dibalik rahasia terdapat rahasia lainnya. semoga bermanfaat.

27 comments

  1. salam dari saya mas, selamat pagi dari Brebes,,
    ya seperti itulah cara Tuhan memberikan pertolongan pada hambanya, yang kadang kita tidak tau atau bahkan melalaikan bahwa itu sebenarnya cara Tuhan memberikan pertolongan buat kita, yang pada akhirnya kita lupa untuk selalu bersyukur padaNya…
    cerita yg menarik mas, dan sarat akan nilai…
    salam..

    1. Begitulah cerita sederhana tersebut bang Mabruri, adala bodoh kiranya jika kita senantiasa mengharapkan keajaiban itu datang. lebih baik melakukan apa yang perlu dilakukan, jangan cuma diam sambil mengharap keajaiban. selamat hari minggu Bang

  2. Terima kasih nasehatnya Sahabat..
    Mengharapkan keajaiban yang bisa diraih saja..

    1. Semoga bermanfaat sob, kalau bisa marilah kita tidak selalu mengharapkan keajaiban itu menyelesaikan masalah kita. kita sendiri yg harus berusaha menyelesaikannya sembari tetap bertawakkal pada Tuhan Yang Maha Esa🙂

  3. fasilitas dari tuhan😀
    pertolongan tidak harus dari mujizat yang datang,,

    Salam..

    1. cerita tersebut hanya sebuah ilustrasi kok sob, mengenai fasilitas dari Tuhan itu memang ada kok.🙂
      trims atas kunjungannya

  4. Tuhan memberikan pertolongan melalui tangan org lain, cm terkadang kita krg menyadarinya..
    slm kenal..

    1. betul sekali sob, saya sangatlah setuju. karena pada hakikinya Allah senantiasa punya rahasia dibalik rahasia

  5. Anugrha13 · · Reply

    semoga saya masih terus dilindungi oleh allah SWT
    terimakasih udah diingatkan bro🙂

  6. Iyah…Tuhan memberikan kita pertolongan dari orang lain, tapi jangan selalu menggantukan diri kepada orang lain dan menganggap bahwa Tuhan selalu memberikan bantuan dengan perantara orang lainnya. Kita juga harus selalu berusaha dengan kemampuan kita sendiri.

    1. Memang seharusnya kita sbg manusia harus berdiri diatas kaki sendiri, Tangan diatas lebih baik dari pada tangan dibawah begitulah yang sering kita dengar. namun suatu ketika terkadang kita dihadapkan pada sebuah masalah atau musibah yang tidak sanggup kita hadapi sendiri dan butuh orang lain. seperti Pak Tebe yang menepiskan pertolongan orang lain pdahal Tuhan telah memberikan jalan pertolongan untuk dia. Tidak selamanya Kita sanggup sendiri dalam menyelesaikan suatu persoalan sob,🙂
      trims dah mampir..

  7. Setiap pertolongan yang kita peroleh adalah suatu perantara ya mas…seprti kita menggunakan perantara doa untuk memujaNYA

    1. Iya sob, Trims dah mampir….
      Yang terpenting adalah kita harus bijaksana dalam hal apapun, karena pertolongan Tuhan itu banyak cara penyampaiannya yang terkadang kita tidak mengetahuinya….

  8. pertolongan Tuhan memang dari berbagai cara, namun sebagai manusia kadang terlalu kerdil untuk memahaminya.🙂

    Salam..

    1. Betul banget sob, Seperti yang sering kita dengar bahwa dibalik rahasia ada rahasia, Banyak cara Tuhan menyampaikan pertolongannya…

  9. kayanya ada sedikit berhubungan dengan surat Ar Ra`du:11
    bahwa Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yg merubahnya
    Meski ayat diatas sering dikaitkan dengan usaha tp saya pikir dalam cerita pak TeBe ini juga ada hubungannya

    kalau pak TB tidak berusaha untk menyelamatkan dirinya ya Allah juga tidak menyelamatkannya.

    1. Sebenarnya hubungan itu memang ada kok sob, namun karena berbentuk cerita singkat jadinya agak agak gak kelihatan🙂
      Trims ya dah mampir

  10. sangat bermanfaat, semoga kita tetap mensyukuri setiap nikmat yang ada

    1. Betul itu bang, mensyukuri setiap nikmat dan setiap musibah adalah wajib bagi manusia…. walaupun kita diberi musibah namun hati tetap bersyukur maka Allah sangat mneyukai orang tersebut.

  11. sepertinya saya pernah mendengar cerita ini, tapi tidak mengapa karena dengan mengetahui lagi berarti mengingatkan kembali…

    Ini seperti kisah anah Nabi Nuh yang tidak mau diajak ayahnya untuk naik ke kapal dan akhirnya masuk neraka… Na’udzubillah.. Padahal Allah begitu banyak memberikan kemudahan, rizqi, dan lain-lain kepada ummatNya…

    1. Cuma bedanya adalah, Anak Nabi Nuh tersebut adalah seorang yang kafir sob, dia tdk mengindahkan ajaran dari Ayahnya sehingga dia dan pengikutnya ditenggelamkan oleh Allah. Sementara kisah Pak Tebe menceritakan tentang seseorang yang terlalu mendambakan keajaiban akan menolongnya disetiap masalah yang dihadapi seperti dikehidupan Nabi Nabi terdahulu sehingga mengabaikan pertolongan Allah melalui uluran tangan orang lain. rugi sendiri akhirnya.

  12. emang bner… sgalanya itu hanya Tuhan yg pnya kuasa dan sgala rahasia…

    1. Semoga sedikit cerita tersebut semakin mengingatkan kita bahwa Pertolongan Tuhan itu ada dimana mana seperti adanya Dia yang bisa dimana mana. Trims dah mapir🙂

  13. Salam Takzim
    Kisahnya hampir mirip dengan kisah Nabi Nuh yang mengajak anaknya untuk naik ke kapal kala azab Allah diturunkan namun kesombongannya akhirnya menenggelamkannya
    Selamat pagi bang, mana kopinya terima kasih atas kunjungan dan warnanya di blog saya, sukses selalu ya
    Salam Takzim Batavusqu

    1. Selamat pagi juga bang Is,….🙂
      Waah,… harus tunggu jam istirahat dulu baru bisa kita ngopi bareng bang, hehehe
      Semoga Bang Is juga hari ini dan selanjutnya sukses selalu….
      Saleum

  14. betul, dibalik rahasia ada rahasia..

    1. Yup… trims dah mampir ya🙂

Bagaimana menurut anda... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: