Belimbing depan Rumah

Wahai kekasihku, manusia
Aku rindu pancaran mata hatimu
Setiap hari memandangku dengan cinta
Seluruh cintaku akan kuberikan padamu
Andai engkau mencintaiku tanpa cela

LIMA larik puisi di atas saya tulis pada Desember 2009 lalu karena terinspirasi oleh pohon belimbing di halaman rumah kontrakan saya. Sebelum saya menempati rumah itu, kata beberapa tetangga, buah belimbing itu banyak yang berulat di dalamnya. Mengapa ini terjadi? Ternyata, sebelumnya tidak ada yang merawatnya; tidak ada yang menyapu daunnya yang berguguran, tidak ada yang memangkas rantingnya yang meranggas, tidak ada pula yang memupuknya. Malah, orang banyak membuang sampah di bawahnya. Dengan kata lain, seperti tidak ada interaksi positif apa-apa antara penghuni kontrakan terdahulu dengan sang pohon belimbing. Namun, setelah kami merawatnya dengan penuh cinta, ia pun berbuah sepanjang tahun; buah yang manis, besar, dan segar. Kiranya itulah sunnatullah atau hukum alam.

Mari kita cintai pepohonan dilingkungan kita dengan cara merawat dan memberi mereka kebebasan untuk tumbuh berkembang biak, kelak mereka akan membalasnya dengan kesejukan dan keindahan alamnya.

Tulisan ini saya ikut sertakan di Tantangan Alamendah blog

Selamat Hari Lingkungan Hidup, cintai alam demi Indonesia Hijau….

51 comments

  1. mau donk….keknya seger tuh bang, hehe…
    go green!

    1. Kalau dirawat dengan cinta mmang seger jadinya kang Tun,
      saeum🙂

      1. hahahaha…semua begitu kan? dg cinta…😆

        1. ya kang, dengan cinta…..😆

  2. HEHEHEHEHE…..

    Jadi kangen kampoeng………?!

    1. Saya juga kangen kampoeng sob, hehee
      saleum

  3. seperti lagu lir-ilir (lagu pitutur jawa) Sunan kalijaga dalam liriknya : ….naiklah ke pohon belimbing meski licin untuk membasuh pakaian.

    belimbing, buah segi lima yg menyerupai bintang

    1. ” belimbing, buah segi lima yg menyerupai bintang…. Enak rasanya….”🙂
      saleum

  4. ipul Must Die · · Reply

    wahh….jadi pengen minum jus blimbing….nyummmmy

    1. Laksanakanlah sob….🙂

  5. Terima kasih telah menjawab “Tantangan untuk Para Blogger”.

    Saya dulu juga memiliki sebatang pohon belimbing di depan rumah. Tapi lantan sudah terlalu tua dan kurang produktif sekarang saya ganti dengan pohon sawo.

    Selamat Hari Lingkungan Hidup 2011; Selamatkan Hutan Sang Penyangga Kehidupan.
    Yang belum menjawab tantangan dari Alamendah langsung ceck TKP di: alamendah.wordpress.com/2011/06/03/tantangan-untuk-para-blogger-indonesia/

    1. Trims kembali kang, selamat pagi🙂

  6. ya gimana mau dapat hasil yang bagus ya bang kalau kitanya ga mau ngerawatnya….
    Btw, blimbingnya seger banget tuh bang, lempar dong ke sini..😀

    salaam

    1. bagus nya jangan dilempar bang mab, saya kwatir sibelimbing mual mual karena dilemparin, ambila saja langsung dipohonnya….🙂
      saleum

  7. maaf baru balas komentar pada blog coretan rizal dan blog di sini, karena saya lelah sehabis melakukan tour jogja bali, jika kawan2 mau menikmati tour jogja bali, maka saya akan ajak rekan-rekan melakukan tour jogja bali secara online. dan bisa anda klik DI SINI

    1. Oke…
      saleum🙂

  8. dengan belimbing ini, kita wujudkan cinta pada lingkungan dan bumi yang lestari
    salam sukses..

    sedj

    1. yup bang, masih banyak tumbuhan lain yang juga butuh prhatian dan cinta kita untuk dilestarikan, setidaknya kita memulainya dari lingkungan sendiri dulu.
      saleum

  9. huu, belimbingnya ga nahan:mrgreen:
    di jaga terus ya mas pohonnya..

    1. Saya sebenarnya gak suka makan buah belimbing sob, namun saya suka liat pohon itu berbuah banyak, seakan akan pohon itu membalas semua perhatian kami kepadanya dengan cara itu…. segerr deh kalau liat sibelimbing sedang berbuah…. anak2 pun rame datang kerumah untuk sekedar merasakan manis dan fresh nya buah belimbing itu.
      saleum

  10. sebatang pohon pun butuh cinta dr yang merawatnya ya Ruri🙂
    yuk, kita pelihara lingkungan sekitar dgn lebih memperhatikan hal2 kecil yg bisa dilakukan dilingkungan sendiri🙂
    Selamat Hari Lingkungan Hidup 2011.
    salam

    1. lho kok? si bunda ini salah tulis kayaknya😳
      ini khan rumahnya Dmolano, kok dipanggilnya Ruri sih ???
      mohon bunda dimaafkan ya Dmilano …😦
      salam

      1. Saleum bunda,
        Gpp kok bun, kebetulan saya dgn bang mabruri juga tetanggaan tinggalnya di kampoeng maya, entar saya sampaikan salam bunda itu🙂
        dengan perawatan yang baik pastilah pohon2 itu akan tumbuh dengan baik, seperti kita memupuk cinta pada anak, jika rawatan kita baik maka akan baik juga pertumbuhan sang anak… begitulah kiranya bun🙂
        saleum dmilano

      2. huwahahha,, ada apa dengan bunda???
        apakah terlihat sama wajah saya dengan abang dari Aceh ini… ??😀

        1. mgkin karena kita pake baju merah bang, makanya bunda lupa,,,,😆

  11. belimbing yang segar mas bro..bloh minta tuh???

    1. Saleum,
      boleh, ambil saja langsung dibatangnya ya🙂

  12. Aan Subhan · · Reply

    trims udah berkunjung ke blog saya..
    Blimbingnya seger banget tuuh mau donk🙂

    1. hehhee… boleh, ambil aja sob,🙂

  13. selamat hari lingkungan hidup, mari kita jaga kelestarian alam disekitar kita, dengan cara merawatnya dan tidak merusaknya🙂

    1. juga beri mereka cinta supaya mereka merasa dibutuhkan oleh kita sob,….🙂

  14. :(( … beberapa blog posting tentang tanaman. disini gersang euuy … namanya juga tinggal dipadang pasir. harga tanaman .. padahal ga keren, muahalnya setengah mati.😦 … btw, belimbing itu bagus loh buat penyakit jantung🙂

    1. Mumpung sedang hari lingkungan hidup makanya banyak blogger yang menulis tentang lingkungan hidup, pa lagi ada tantangan dari kang Alamendah yang meminta partisipasi blogger indonesia untuk menulis tentang lingkungan hidup. Jika gersang, galakkanlah reboisasi lagi biar alam kita rimbun kembali…
      saleum

  15. Itu buah belimbingnya seger banget mas. mau dong dibungkus😀
    hehe

    1. mau berapa bungkus…???? hahaha….
      saleum

  16. Puisinya ngena banget, Mas… tumbuhan juga punya jiwa ya…

    1. tentu dong, mereka juga butuh perhatian kita untuk tumbuh….
      saleum

  17. wah dari tadi nemu blogger bahas tanaman, pingin bahas juga cuma masih sakit ..
    btw sudah saya pasang linknya mas🙂

    1. kan tema nya sedang hari lingkungan hidup, tanggal 5 juni 2011 sob….
      trims ya mas🙂
      saleum

  18. Wah dahsyat, dari belimbing bisa bikin puisi.
    Aku juga dulu pernah bikin puisi terinspirasi pohon mangga, eh malah di kritik, katanya kurang romantic gitu…

    1. Jika dikritik ada baiknya jangan nyerah,….. biarkan aja kritik itu datang, sbb kritik itu baik bagi yang ingin terus belajar…
      saleum

  19. dibuat jus enak tuh kayanya >.<

    1. sangat enak malah…🙂
      saleum

  20. aku setuju banget sudah sunatullah, sebesar apapun yang bisa kita beri sebesar itulah apa yang akan kita dapat…..
    Kalau buah lagi bagi-bagi atuh belimbingnya he…he….🙂

    1. Amin,… mudah2an musim depan akan berbuah banyak lagi…🙂
      saleum dmilano

  21. Salam Takzim
    Wah belimbing icon Depok tuh bang, masih berulat ga yah
    Salam Takzim Batavusqu

  22. belimbing kan banyak manfaatnya

    1. banyak sob,🙂

  23. wow, memang yang butuh cinta bukan hanya manusia kok, binatang dan hewan pun butuh ya😉

    EM

    1. betul banget bu, setiap makhluk Tuhan butuh perhatian kita, jika tidak ada rasa cinta kita terhadap mereka, maka keseimbanga ekosistem akan terus rusak

Bagaimana menurut anda... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: