Seperti Perisai

Melindungi kaumnya seperti perisai merupakan kunci penting bagi setiap pemimpin.  Tentunya tak akan menjadi perisai bila pemimpin tidak mampu menjaga amanah atau bertanggung jawab.  Dengan demikian, bila sekarang begitu banyak orang yang berlomba untuk menjadi pemimpin, sekilas ini bermakna bahwa sudah begitu banyak orang ingin menunaikan amanah.  Semakin besar amanah, semakin besar berat tanggung jawabnya, yang bila ditunaikan dengan baik, maka disediakan pahala yang besar.

Namun, suatu hal yang kerap terbukti dalam kenyataan adalah sebaliknya.   Tak ada tanda-tanda bahwa semakin banyak orang yang mengajukan diri sebagai calon pemimpin, semakin banyak yang menjadi perisai bagi rakyatnya.  Yang terbukti adalah semakin banyak pemimpin yang menjadikan rakyatnya sebagai perisai bagi dirinya. betul gak ..??

Rakyat kerap diatas namakan untuk meminta bantuan atau mengesahkan suatu proyek yang menghasilkan keuntungan pribadi atau kelompoknya.  Bahkan, yang diatas namakan seringkali rakyat yang sedang menderita, seperti rakyat yang nasibnya tergolong miskin, korban konflik, korban bencana alam, dan sejenisnya.  Namun, ketika bantuan datang atau proyek disahkan, rakyat yang menderita tetap saja menderita, sedangkan para pemimpinnya kaya setelah mendapat bahagiannya.

Saya hanya mampu bengong melihat melihat si “beliau” itu membangun rumah mewah dan membeli mobil BMW seri terbaru untuk anaknya yang masih kelas 2 SMU. Sambil geleng – geleng kepala saya pun berlalu. Ya sudahlah…

“Sesungguhnya seorang pemimpin itu merupakan perisai, rakyat akan berperang di belakang serta berlindung dengannya” (HR. Muslim).

57 comments

  1. pemimpin yang mengajukan diri sekarang itu hanya mengejar materi saja, dan kampanye adalah hal yang sudah biasa seperti seorang laki-laki yang sedang menggombal untk mendapatkan cewe…..huh payah mereka

    1. saya turut ucapkan “payah mereka ntu…” soalnya saya setuju yang bung choirul ungkapkan itu

  2. seorang pemimpin itu mempunyai tanggung jawab dunia akhirat, berhati-hatilah

    1. betul banget mbak lidya, sayangnya yang sekarang ini gak mikir akan pertanggung jawaban di akhirat….

  3. pemimpin tu tanggung jawabnya berat bang,
    makanya pemilu kemaren saya nda berani maju jadi Caleg….. hohohh

    1. tahun mendatang maju aja bang, hehehe…. saya malah kepincut ama amplop putih bang, pagi pagi buta ada yang datang ke rumah ngasih amplop…. pilih no ini ya, .. saya jawab aja iya, amplopnya saya ambil aja, kan lumayan bisa beli makanan ayam dibelakang rumah, wkkk…..

  4. huh sekaraang yang ada orang-orang yang mencalonkan menjadi pemimpin mengharapkan harta ya. kita semua menanti pimpinan sekaligus pemimpin yang menjadikan Baginda Rasulullah SAW suritauladannya ya, masih langka.

    1. Nah yang macam itu yang gak ada lagi mbak tiara,….

  5. Pemimpin yang benar sudah tentu negara benar

    1. betul bang, negara itu benar karena pemimpinnya juga benar….🙂

  6. setuju setuju mas.. Jaman sekarang pemimpin + kacau aja..rakyat jadi rugi, rugi karena di ini itu, tanpa ada tjuan yg jlas.. Pmimpin shrusnya dpat brtng jwb..
    Beli mobil bmw sy jg geleng” mas..hehee..

    1. padahal masih bisa beli jaguar seri terbaru sob, tapi… BMW juga gak apa apa, kan untuk anaknya….

  7. hanya bisa ngelus dada dengan fenomena ini, perisai hanya hiasan belaka😦

    1. coba kalau didibenarkan letak perisai itu ya sob, dijamin deh 5 x pemilu senantiasa bakal dipilih terus ama rakyat🙂

  8. pemimpin sekarang kayak orang pacaran,bnyk gombalnya,kpn ya kita bisa dapat pemimpin yg benar2 pemimpin?

    1. saya juga sedang menunggu pemimpin seperti itu bung trizz

  9. Sofyan · · Reply

    jadi pemimpin itu berat lo,,tapi kenapa sekarang malah berebut untuk memimpin ??? apa memang memimpin tau mau yang lain,,,heh gerah

    1. tentu dong mau yang lainnya bro sofyan. gaji ditambah tunjangan ditambah lagi bonus, siapa yang gak ngiler…. ???😀

  10. pemimpin menjadi perisai? atau pemimpin malah menjadi pisau belati yang siap menikam rakyatnya?

    1. yang nomor dua kang,,,,

  11. pemimpin-pemimpin seperti itu yang dibutuhkan rakyat😀 hehe

    1. Iya, cuma sudah jarang kita jumpai sosok seperti itu

  12. jadi inget lambang UK😀 *ngeliat gambar singa

    1. sekedar ilustrasi belaka kok🙂

  13. Pemimpin sekarang dengan pemimpin dahulu sepertinya sudah mengalami pergeseran. klo dulu Pemimpin bertanggung jawab terhadap anak buahnya, nah sekarang justru anak buah yang harus bertanggung jawab mengapa memilih pemimpin yang salah..

    Pak klo ke blogku bantuin klick iklan Rexonanya ya… hihi..

    1. Saleum
      sudah jauh bergeser ternyata🙂

  14. Padahal dahulu pengganti Rosululloh pada takut untuk menjadi kholifah (pemimpin) karena beratnya tanggung jawab, namun sekarang terbalik, pembesar pada takut untuk tidak jadi pemimpin

    1. Iya ya, jadi ingat sewaktu Kahlifah umar diserahi tugas sbg khalifah, beliau malah menangis ketakutan, karena tanggungjawab itu sangat besar… dan walaupun beliau seorang khalifah, tapi kehidupannya tetap saja sederhana

  15. Semoga saja mereka yg berebut ingin jadi pemimpin, benar2 mengerti serta memahami apa yang dimaksud dgn mengemban amanah .
    bukan hanya krn ingin mencari kekayaan dr masa kepimpinannya .
    walau sekarang justru memang itulah yg terjadi .😦
    Semoga negeri kita kelak bisa mempunyai seorang pemimpin yang mampu jadi teladan bagi seluruh rakyatnya .
    Bunda kagum akan kepemimpinan Ahmad Dinejad .
    salam

    1. Saya juga kagum dengan Ahmadinejad itu bun, sosok sederhana untuk seorang pemimpin negara yang besar…. keras dan amanah

  16. pemimpin skr sudah sangat sulit dipercaya karena tidak amanah.

    1. mudah2an ada diantara sekian banyak pemimpin itu muncul seorang yang amanah, semoga…🙂

      1. Aan Subhan · · Reply

        Ekpektasi yg harus muncul dibenak kita semua

        1. juga untuk mereka yang sudah kita angkat menuju kantor dewan
          saleum

  17. Pemimpin sekarang, tampak bagus ditahun pertama, dan tahun terakhir untuk mengambil hati dipemlihan berikutnya. Di tahun2 pertengahan memimpin????😀

    1. Hehehe… mereka kan jago praktek sob…. maksudnya praktek menipu rakyat, hahaha

  18. waduh koq bisaa.. ckckc hebat ya anak SMU dah dibelikan mobil BMW😀

    1. sangat hebat kang, no plat nya juga bagus sangat….maklum lah anak si “orang penting”😦

  19. sepertinya pemimpin sekarang tujuannya mencari harta dan prestise…….coba lihat aja, mana ada pemimpin yang membela rakyat jelata?

    1. memang itulah tujuannya mbak ina, bukan lagi sebagai pengayom

  20. Semoga para pemimpin dpt mempertanggung jawabkan apa yg dipimpinnya di akhirat nanti.. Semoga…

    1. amin….. semoga🙂

  21. Ane mah no coment sajalah,,,

    Capek mikirnya…

    Btw mantap artikelna

    Hahahaha….

    1. hahhaa…. dasar nih mas gepeng, mikirin aplikasi aja…😆

  22. sekarang jamannya terbalik, rakyat yang jadi perisai pemimpinnya

    1. seperti yang sudah kita lihat, juga seperti yang sobat ungkapkan itu

  23. Kapan ya ada pemimpin yang mau jadi perisai bagi rakyatnya dengan tulus ikhlas?
    #harapan sulit.

    1. sangat sulit untuk dijawab, semoga saja dikemudian hari ada ya mbak

  24. Apakah pemimpin perisai rakyat akan masih ada,
    tetap berharap kebaikan.

    1. sebenarnya ada sih, tapi saya rasa orang itu tak bakalan dijagokan untuk maju, sudah pasti akan menjadi batu sandungan untuk pejabat korup

  25. aih sekarang pemimpin bukan ngurusin rakyatnya , malah rakyat yg mikirin pemimpinnya..(pening lihat berita paara anggota DPR bermasalah melulu) koq bisa ya, nyalonkan jadi pemimpin dg niat mau ngurusin rakyat, padahal ngurus sendiri aja gak bisa.

    1. yang jelas siapa banyak uang maka dia pantas dicalonkan, itulah penyakit dijaman sekarang
      saleum

  26. need a :santet: ?😆

    1. wkkkk… dosa sob, jangan…. maksudnya jangan sampai gak jadi😆

  27. Yang terbukti adalah semakin banyak pemimpin yang menjadikan rakyatnya sebagai perisai bagi dirinya. betul gak ..??<— BETUL SEKALI … terlalu banyak PENCITRAAN YANG BIKIN MUAL

    1. saya juga sering mual mual akhir ini sob, hehehe….. kata dokter cuma masuk angin😆
      penilaian masyarakat sudah sangat jelas terhadap para pemimpin kita

  28. seorang pemimpin seharusnya menjadi tauladan bagi masyarakat yang di pimpin, faktanya pada zaman sekarang tidak ditemukan pemimpin yang penuh kredibilitas, jujur, dan mementingkan kepentingan umum….. sangat menyedihkan.

Bagaimana menurut anda... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: