Jabat Tangan

Hari jum’at sudah tiba lagi tanpa disadari, dalam pikiran saya yang sederhana ini sedang memikirkan dimesjid mana saya akan berjama’ah.🙂 Seperti yang sudah – sudah saya senantiasa memilih Mesjid Raya Baiturrahman sebagai tujuan ketika melaksanakan sholat Jum’at, dikarenakan jama’ahnya ramai dan isi khutbahnya juga sangat berbobot. Apalagi pada saat sholat jum’at di mesjid raya Baiturrahman saya juga berkesempatan berjabat tangan sambil mengucapkan kalimat saleum kepada para pejabat pemerintahan aceh yang juga berhadir dirumah Allah yang mulia itu. Begitulah kehidupan ini yang sebisa mungkin harus mampu menyelam sambil minum air istilahnya.😀

Sahabat, Harus kita semua sadari bahwa berjabat tangan itu sebuah perbuatan yang baik, ada banyak hikmah yang terkandung didalamnya tanpa sempat kita menyadarinya. Dalam kehidupan bermasyarakat tidaklah heran jika disetiap kali berjumpa, memberi salam dan saling menyapa dibarengi dengan mengulurkan tangan untuk berjabat tangan dan itu adalah lumrah di aceh dari dahulu hingga sekarang ini. Roda moderenisasi boleh berubah sesuai zamannya, akan tetapi budaya berjabat tangan ini Alhamdulillah masih tetap dilakukan dari anak – anak muda hingga yang tua.

Keutamaan Berjabat Tangan :

1. Terampuni Dosanya

2. Menimbulkan rasa cinta antara orang yang saling bersalaman

3. Menimbulkan ketenangan jiwa

4. Menghilangkan kebencian dalam hati

5. Berjabat tangan merupakan ciri orang-orang yang hatinya lembut

Sahabat, Karena saya belum jadi ustadz walaupun niat dihati inginnya demikian, (mohon doanya ya…😆 ). Akhirnya dapat saya simpulkan bahwa begitu luasnya makna dan hikmah berjabat tangan sesama manusia. Akan tetapi perlu diketahui bahwa batasan berjabat tangan ini hanyalah terhadap kaum lelaki dengan sejenisnya. Adapun jika lelaki bersalaman dengan wanita yang bukan muhrimnya dapat saya simpulkan dari beberapa hadist yang saya baca hukumnya haram.  Betul tidak…???

Semoga budaya berjabat tangan ini tetap terus dilakukan dimana dan kapan saja disaat kita bertemu dengan sesama. Semoga dengan berbuat demikian Hati kita senantiasa tenang dan tentram dalam menjalani kehidupan yang fana ini… Aamiin.

Selamat berhari Jum’at,

Saleum

35 comments

  1. Mengingatkanku untuk selalu mengajarkan si kecil menjabat tangan…
    Jabat tangan dari Jakarta, Pak…🙂
    Salam .. ^_^

    1. iya, sejak dini kebiasaan itu sebaiknya diajarkan. itu adalah hal baik kok.🙂
      salam juga dari aceh

  2. saleum om ^^
    jabat tangan juga katanya bisa bikin awet muda, mungkin karena sambil berjabat tangan harus tersenyum ya hhehhe masih mungkin :p

    1. coba bayangkan saat jabat tangan sambil pasang muka bengis, apakah yang terjadi…???😆

  3. hal2 kecil jika dilandari dengan niat ridho karena ALlah, insya Allah barokah bang..
    salam jabat tangan dari Sirampog bang..

    1. iya bang, niat itu lah penggeraknya. salam jabat tangan juga dari aceh 🙂

  4. Salaman dulu Bang,.semoga kita tetap bisa menjaga persaudaraan..hehe

    Salam Jabat Tangan dri Banyuwangi – Jember

    1. oke, kita salaman dalam hati saja ya kang… yg penting sudah ada niat🙂

  5. kalau anak-anak salim ya🙂

    1. wah…. sisalim dah dua tahun belum pulang2 mbak,😆 pantesan anaknya nungguin terus…..

  6. jabat tangan untuk mempereat silahturahmi

    1. bener banget sob,

  7. betul banget…..jabat tangan memggugurkan dosa….
    terimakasih nih…saya jadi tambah tahu tentang manfaat jabat tangan😀

    1. Alhamdulillah, ternyata bermanfaat juga🙂

  8. Iya jabat tangan sangat besar manfaatnya. Sebagaimana seorang muslim ketika bertemu muslim yg lain dianjurkan menebarkan salam, yg mana hal ini sayang sekali sudah nyaris hilang sekarang

    1. akibat tergerus oleh moderenisasi, perbuatan yang sangat baik itupun banyak ogah melakukannya….

  9. Berjabat tangan = kulit bersentuhan = hubungan chemistry 😀😀

    *gak nyambung ya*

    1. nyambung dikit sob, hahaha…. ada aja😆

  10. heheeh kecil tapi banyak faedahnya

    1. betul kang adi, kayak cabe rawit, kecil tapi pedes, hehehe…. yang kecil kecil itu luar biasa efeknya
      saleum

  11. Setuju banget. Berjabat tangan merupakan hal kecil yang bisa mempererat tali persaudaraan dan juga silaturahim. Tetapi jabat tangan ini harus dilakukan dengan hati yang tulus lho

    1. kita harapkan bisa trus dilakukan ya mas….🙂

  12. mari berjabat tangan bang..😀

    1. yuk, mari….🙂

  13. betul. jabat tangan bikin ilang rasa dendam.
    lama tak nongol bang?😀

    1. Nasib kang, jaringan lelet makanya susah online…🙂

  14. Irfan Handi · · Reply

    Maaf lahir bathin Om .. . .

    1. saya maafkan mas,😆

  15. ejawantahblog · · Reply

    Salam jabat tangandari Ejawantah’s Blog mas. Semoga menambah kebarokahan dalam dunia silaturahmi di dunia blogging Mas.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s blog

    1. Salam juga dari saya sob,🙂

  16. Mau jabat tangan apa daya tangan tak sampai…. Saleum..

  17. Berjabat tangan bisa membuat suasana menjadi cair dan damai🙂

    1. sesuai dengan pengalaman sih demikian sob🙂

  18. sayyidahali · · Reply

    berjabat tangan ciri- ciri orang yang lembut ya?? harus sering- sering jabat tangan nih!! 🙂

    1. hehehe…. kan gak dosa…😀

Bagaimana menurut anda... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: