Cinta : Antara Pesona dan Malapetaka

Sahabat, Cinta adalah perasaan yang aneh, yang amat besar pengaruh dan kekuasaannya. Cinta kasih mengalahkan segala macam perasaan lain, bahkan mengalahkan akal budi dan kesadaran, membuat orang seakan menjadi buta dan nekat, siap untuk menyerbu lautan api. Cinta merupakan api yang menyala indah, menari-nari dan meliuk-liuk menimbulkan warna yang cerah dan indah, membelai-belai dan melambai-lambaikan tangan kepada orang-orang yang sudah terkena nikmatnya sehingga mereka itu melangkahkan kaki makin mendekati tanpa menyadari bahwa bahaya mengancam mereka. Baru akan terbuka mata mereka, baru akan sadar pesona mereka, setelah terlambat dan hanya penyesalan yang tinggal, penyesalan dan luka hangus terbakar.

Akan tetapi, seperti juga api, cinta dapat mendatangkan kesenangan dan kebahagiaan hidup, mendatangkan kehangatan dan mendorong semangat, menimbulkan keindahan dan kenikmatan hidup. Asal orang pandai menggunakannya. Asal orang dapat menguasainya. Cinta itu indah. Cinta itu nikmat. Cinta itu anugerah. Bagi mereka yang dapat menguasainya. Akan tetapi cinta itu pangkal malapetaka. Cinta itu pangkal sengsara dan pangkal derita. Bagi mereka yang mabok dan lemah, yang menjadi permainan cinta. Cinta antara pria dan wanita memang memiliki dua sifat yang bertentangan seperti juga segala benda di dunia ini. Namun manusia tetap lebih kuat, asal pandai membawa diri, pandai dan kuat menguasai nafsu liar ganas seperti kuda hutan.

Bahagialah orang muda yang pandai menguasainya, sebaliknya kasihanlah mereka yang menjadi permainannya. Asal ingat saja bahwa CINTA KASIH dan NAFSU BIRAHI adalah dua sifat yang jauh berbeda akan tetapi bermuka kembar! Bermuka sama sehingga sukar bagi orang muda untuk memperbedakannya. Karena keliru mengenal inilah yang suka membawa malapetaka. Nafsu birahi disangka cinta, maka terseretlah ia ke jurang kehancuran.

59 comments

  1. benar sekali cinta itu harus dikuasai dan diarahkan ke jalan yang benar,,,

    1. Juga dibarengi dengan keikhlasan agar nafsu tidak banyak menuntut🙂

  2. cinta dan nafsu perbedaannya sangat tipis…
    semoga cinta yang kita semua miliki tak terkotori oleh nafsu…
    salam

    1. Aamiin…. semoga tetap kinclong mas😆

  3. Tipis banget memang, soalnya sama-sama bikin deg-degan dan hati bergelora. Ada temenku yang sampai kehilangan akal jatuh cinta tapi dianggap sepi. Hidupnya sengsara, blognya hanya tulisan tentang kesepian akut. Semoga Allah menunjukkan cahaya padanya, bahwa hidup itu indah bila optimis dan bisa mengelola cinta dengan memasrahkan semua urusan pada Allah

    1. wow…. sampai segitunya? iya lah mbak, semoga Allah menerangi pikirannya bahwa untuk menggapai cinta yang indah itu memang harus merasakan dulu pahitnya…

  4. saleum om ^^
    cinta bisa bikin galau😦 dan nyebelin banget apalagi kalau bertepuk sebelah tangan *sigh*

    1. saleum juga ponakan….🙂
      wah kalau bertepuk sebelah tangan memang bikin galau, akan tetapi kita kudu liat hikmahnya juga, kadang Tuhan telah memberikan kita jodoh yang jelas bukan dia orangnya. So, jangan cuma anggap bahwa hanya dia yang ada didunia, masih banyak kok😀

  5. ophie · · Reply

    tidak ada hubungan antara cinta dgn hawa nafsu…
    cinta bukan berujung dengan hawa nafsu…
    sedangkan hawa nafsu bisa terjadi tanpa ada campur tangan cinta…

    so…CINTA berbeda dengan Hawa Nafsu

    1. Saya tidak menyamakan Cinta dengan Nafsu, saya hanya menyebutkan CINTA dan NAFSU adalah dua sifat yang jauh berbeda akan tetapi bermuka kembar! Bermuka sama sehingga sukar bagi orang muda untuk memperbedakannya.🙂

  6. weww,, menarik sekali bang untuk dipelajari tentang cinta ini,,
    kayaknya saya harus banyak belajar tentang cinta pada abang.. hehehe

    1. Halah bang mab ni,….😀 cinta itu bisa dipelajari secara otodidak lho…. gak usah pake privat2an😆
      dalam hidup ini banyak banget pelajaran tentang cinta yang bisa kita ambil inti sarinya bang.
      saleum

  7. ophie · · Reply

    tapi seolah olah seakan akan..

    1. kadang kadang kudung kudung, hahahaaa

  8. cinta hanyalah ilusi manusia

  9. bercintalah kepadaNYA dan kelak nafsu akan terkendali…
    lagi-lagi tulisan pengingat bagi kita semua🙂

    1. Nahhh… ini dia yang cucok diamalkan😀
      pa bila kita selalu terkenang pada Nya, maka nafsu akan mudah kita redam
      saleum

  10. Setuju deh sama penjelasannya Pak Dmilano…
    Oot, cinta itu tak berwujud tapi dahsyat rasanya..
    Para penganut ateis, kalau mereka percaya cinta, harusnya mereka jg percaya Tuhan, ya Pak…
    *maaf gak nyambung sm isi postingan* hehe..

    1. betul mbak,semua adalah kepunyaan Allah yang maha Esa dan Allah melengkapi makhluknya dengan perasaan cinta dan nafsu, karena semua itu datangnya dari Allah maka pada Nya juga kita memohon agar Cinta dan Nafsu bisa berjalan dengan semestinya dan sewajarnya selama kita hidup.

  11. Cinta yang sejati adalah cinta kita pada Allah SWT.🙂

    1. dan untuk mendapatkan cinta Allah kita mesti selalu berserah diri padaNya sop, Rukun Imam setidaknya tetap dijalankan dengan baik, Insya Allah kita mendapat Cinta Allah yang Mulia, Aamiin.

  12. setuju cinta yang paling utama untuk Allah SWT🙂

    1. Semoga kita semua setuju dengan komentar mbak Lidya🙂
      saleum

  13. cinta memang hampir identik dgn hawa nafsu ya Dmilano
    makanya kita harus pandai2 memenej perasaan ttg cinta ini dgn logika, agar tak ada penyesalan diujungnya
    terimakasih utk tulisan yg bermanfaat dan mengingatkan ini Dmilano🙂
    salam

    1. Iya bun, sangat sulit kita membedakan keduanya tatkala hati sudah mulai melenakan pikiran dan hidup kita…
      Katanya cinta, eh… kok bisa pula minta macam micim, seperti itulah gambaran sekilas bun.😀
      tragis kalo kita liat pergaulan muda mudi dijaman sekarang, banyakan nafsu nya ketimbang cinta yg tulus.😦
      saleum

  14. cinta begitu bikin pusing mas…dulu benci skrng cnt..bgtu n bgtu…aplgi klo brcntanya slah bakal pnyslan n hncur yah mas…heheee…

    1. Kalau salah mengaplikasikan rasa cinta itu memang buruk hasilnya sob, yang penting bagi kita bagaimana cinta yang kita miliki disukai oleh manusia dan diberkahi oleh Tuhan,
      saleum

      1. aamiin🙂 pacar saya menyukai saya tdak yah..hehehee

        1. tanyakan saja lah sob,… hehehe

  15. Cinta sejati itu wlp gak kesampaian, hehehehehe……….tetap aja udah memberi warna tersendiri dalam hidup seseorang, sudah menimbulkan gairah hidup, telah melahirkan s’mangat yang menggebu, walau akhirnya harus terpental dilaut lepas…………gak masalah. Yang penting cinta sejati dibawa mati-ti-ti-tiii…………… Love is beautiful, love is wonderful but love is pain too. Semua adalah kuasa Allah.

    1. sebagai manusia kita cuma harus mampu menjalankan semua itu dengan hati lapang,🙂
      saleum bunda yati

  16. cinta bikin bingung gan,,🙂

    1. makanya belajar dulu ama pakarnya gan,😆
      saleum

  17. cinta itu gak hanya pakai hati tapi juga harus pakai otak, agar semuanya bisa berjalan dengan seimbang……..

    1. begitulah sebaiknya mbak susi,🙂

  18. meskipun tdk diungkapkan dgn kata-kata, tapi cinta bisa dirasakan dgn hati…biasanya nech kalo kita lg jatuh cinta sm seseorang…denger namanya disebut aja udah deg-deg-an hihihihi………

    1. apalagi kalau sedang ketemuan, hahaha…. merah dadu jadinya😆

  19. uhuuuuu cintaaaaaaaaaaa

    1. hussshhh… tetangga sebelah gi tidur…!!😆

  20. Sungguh luar biasa mantap

    1. heheehe, trimakasih😀

  21. riez · · Reply

    Saya kadang tidak setuju dengan ungkapan cinta itu buta kalo pun cinta itu buta yang membutakan adalah Nafsunya

    1. soalnya antara cinta dan nafsu kerap disama ratakan oleh manusia sob, krn memang tipis banget diantara keduanya. makanya acap kita dengar bahwa cinta itu buta. seperti yg sobat bilang, bahwa yang membutakan mata itu adalah nafsunya, 🙂

  22. Siapapun yang telah dibuai cinta pastilah ia akan terlena karenanya. Dan siapapun yang telah dibutakan oleh cinta pastilah akan sengsara olehnya. Cinta memang sesuatu yang indah yang hanya dapat dirasakan namun sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata.

    1. yups… karena cinta itu adalah rasa….🙂

  23. luar biasa mas..
    Gak bakalan selesei2 sih kalo bahas masalah cinta..
    Kadang bikin puyeng, tpi kadang jg bikin senyum2 sendiri
    Hehehe

    1. iya mas, ngopi ngebahas cinta sampe 7 hari 7 malam pun masih tanggung rasanya, hahahaa….

  24. Cinta juga menjadi sebuah kekuatan.

    1. kekuatan yang luar biasa mbak🙂

  25. cinta sejati tak akan pernah berdasarkan nafsu

    1. makanya sulit mendapatkan cinta sejati itu sob,🙂

  26. Agung Rangga · · Reply

    saleum kak~🙂
    cinta memang sangat rumit ya, perlu waktu untuk memahaminya…😳

    1. jalani aja sesuai kaidah yang berlaku mas,🙂 yang penting tetap ingat ama yang diatas ya
      saleum

  27. benar. cinta dan nasfu itu beda tipis.
    makanya disarankan bagi yang ga kuat menahan nafsu untuk segera menikah, atau berpuasa…
    semoga kita dijauhkan dari nafsu yang merusak yaa.. aamiin..🙂

    1. Aamiin,….. 🙂

  28. cinta bagai bunga mawar.. indah dilihat, tapi banyak durinya.. mudah membuat luka.
    heheh..

    1. itu bunga mawar berduri ya om😀

  29. Cinta bagai pisau bermata dua..
    di suatu waktu dia datang membawa bahagia..
    di lain waktu dia datang membawa prahara…

    1. Mudah2an ada hikmah yang kita dapatkan dari kedua sisi tersebut, karena Allah selalu memberi manfaat oleh segala apa yang menimpa mahkluknya🙂

Bagaimana menurut anda... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: