Pendekar 212 Wiro Sableng

Sahabat, Saya akan buat pengakuan bahwa saya adalah pembaca setia serial silat Wiro Sableng. Ada yang sudah dengar? sudah baca? atau mungkin pengoleksi sejati dari serial Pendekar Sableng ini?.  sejak SMP saya sudah ngefans dengan serial karya Bastian Tito ini oleh karena ceritanya yang mudah dicerna dan tokoh – tokoh dalam cerita itu diperkenalkan dengan jelas sehingga sifat dan karakternya mudah diingat. Sejak dari SMP saya sudah koleksi banyak novelnya. Serial Wiro Sableng itu buat saya  sangat asik dibaca disaat rehat dari rutinitas disebabkan alur ceritanya yang tidak bertele – tele, tidak jarang saya senyam senyum ketika membaca isi ceritanya, bahkan lebih gilanya saya bisa ngakak sehingga membuat alis mata ibunda sedikit naik. 🙂 semua karena penokohan wiro sableng yang ceriwis, usil dan sableng.

Bagi banyak penggemar, Wiro sableng tentu adalah seorang tokoh yang sangat dikagumi, apalagi dulu pada masa-jaya-jayanya (sekitar pertengahan 90-an), Tapi kini sudah jarang yang mengenal tokoh ini bahkan nge-fans kepadanya, terlebih lagi setelah sang penulis novel Wiro Sableng, yaitu bapak Bastian Tito meninggal dunia pada tahun 2006 lalu. Bastian Tito meninggal sebelum sempat menyelesaikan seri wiro sableng yang judulnya Jabrik Sakti wanara. Jadi jangan heran jika banyak orang yang tak tahu siapa itu wiro sableng.

Nah, Sebagai salah satu dari sekian banyak penggemar berat Wiro Sableng, di sini saya akan mencoba mengemukakan fakta-fakta unik menyangkut si Pendekar 212 itu.

1. Wiro sableng mempunyai nama Asli Wiro Sasono, Nama Ibunya Suci, dan nama ayahnya raden Rana Weleng.

2. Guru utama Wiro sableng adalah Eyang Sinto Weni, alias Eyang Sinto gendeng, alias Sinto gila, seorang nenek tua yang mempunyai kepandaian silat tinggi dan sangat disegani oleh tokoh-tokoh silat baik golongan hitam maupun golongan putih.

3. Wiro sableng mempunyai sebuah senjata pamungkas berbentuk Kapak bermata dua bertuliskan angka 212 yang ujung mulutnya berbentuk seperti kepala naga dan terbuat dari logam dan gading. Kapak ini sangat sakti, ujung mulutnya bisa menembakkan jarum beracun. Tebasannya terlihat seperti sinar putih dan mengeluarkan bunyi seperti dengungan ratusan tawon. Kapak ini bernama Kapak Maut naga geni 212.

4. Selain senjata utama di atas, Wiro sableng juga mempunyai 2 senjata lain, yaitu Batu hitam pasangan Sang Kapak, keduanya mempunyai ukiran angka 212 sama seperti kapak naga 212. Batu Hitam tersebut akan menyemburkan api ketika digesekkan ke kapak tersebut.

5. Jurus yang paling mematikan dari seorang Wiro sableng yaitu Jurus pukulan matahari, Jurus dahsyat yang diajarkan oleh gurunya Eyang Sinto gendeng. Jurus ini berupa pukulan Sinar tangan yang mengandung suhu yang teramat panas sehingga akan melelehkan objek yang dituju.

6. Jurus yang paling sering digunakan oleh Wiro sableng selama berpetualang adalah Jurus Kunyuk melempar buah.

 7. Sampai sejauh ini, Wiro pernah mengungkapkan perasaan cintanya secara langsung hanya kepada 2 orang gadis saja, yaitu Bunga dan Bidadari Angin Timur. Setelah mengungkapkan kata-kata sayang dan cinta kepada Bunga, hanya kepada Bidadari Angin Timur lah Wiro kembali mengungkapkan perasaan hatinya. Itu pun karena ada alasan kuat kenapa Wiro pada akhirnya tak bisa bersatu dengan Bunga. Saat Wiro mengungkapkan perasaan hatinya kepada Bidadari Angin Timur pun terpaut perbedaan waktu cukup jauh dengan saat dimana Wiro menyatakan cintanya kepada Bunga.

8. Dalam petualanganya, Wiro sableng tak melulu berada di tanah Jawa atau Indonesia, namun juga pernah sampai ke China dan Jepang.

9. Dalam serial Wiro sableng, Tokoh Wiro pernah diperankan oleh 3 aktor berbeda, yaitu Tony Hidayat, ken-ken, dan Abhi Cancer. Namun dari ketiga itu, hanya Ken-ken yang mendapat apresiasi paling besar sebagai pemeran wiro sableng.

10. Lawan Terberat Wiro sableng menurut banyak penggemar adalah pangeran Matahari, tapi menurut saya pribadi, lawan terberat adalah Nyai Kalajengking merah, Dimana dalam Episode munculnya sinto gendeng. Wiro hampir mati jika saja tak diselamatkan oleh gurunya Sinto Gendeng saat bertarung dengan kalajengking Merah.

Sahabat, Jika ingin mendapatkan bacaan ebook Wiro Sableng, silahkan klik disini. Dijamin koleksinya lengkap.

Itu adalah novel favorit saya, boleh dong saya tahu novel favorit sahabat. 🙂

saleum

57 comments

  1. Wah, jadi ingat masa kecil… tapi saya gak baca novelnya, cuma nonton serialnya di tv

    Salam persahabatan selalu dari dhahnd371

    1. Padahal cerita wiro sableng itu untuk remaja dan dewasa sob, karena anak kecil enggak suka baca novel, dia mah sukanya baca komik 🙂
      saleum

  2. Wah ini serial film kesukaan saya nih waktu kecil. 😀

    Bastian Tito itu ayahnya Vino G. Bastian ya? 🙂

    1. Yups, betul banget sop,… pernah sih sang anak mo nerusin lanjutan wiro sableng ntu, tapi sayangnya dia gak ada bakat menulis… dia cuma bakat di akting

  3. huaaaa.. serius Bang? suka sama Wiro Sableng? hihihihihi, aku cuman tahu serial TV nya ajah, kalau gak salah pas yang maen Ken Ken itu
    dan sempet doyan juga, karena superhero Indonesia
    tapi gak pernah baca novelnya.
    novel favoritku banyak Bang, tapi yah itu.. model-model drama-drama romantis a la anak muda
    😀
    hehehehehhe

    1. Iya mbak ais, saya malah demen banget ama cerita wiro sableng, pdhal banyak lho novel silat indonesia, namun saya tetap milih WS karena ceritanya itu, terarah, mudah dicerna dan diselipkan kisah2 yang lucu sehingga kita ga pernah bosan membacanya. saya pernah juga dulu mencoba baca2 novel remaja, cuma isinya cinta melulu… kecuali kisah si Lupus, yg pernah dekat
      saleum

  4. huwaaaa,,,, serasa kembali ke masa kecil bang.. 😀
    cuma pertanyaan dari saya bang?? makna 212 itu apa yah?? 😀

    salaam

    1. menurut penuturan eyang sinto gendeng 212 bermakna : semua yang diciptakan Tuhan dimuka bumi ini berpasangan, cuma Dia yang maha tunggal. makanya letak yang tunggal itu berada ditengah yakni angka 1. sementara yang angka 2 menunjukkan pasangan2 terdapat didunia, contoh, ada kanan maka ada juga kiri, ada kebenaran dan ada juga kemungkaran dsb. bgitu bang map, hehehee…..

      1. ooowwh bgitu bang,,,,
        baru tau ini.. makasih bang.. 🙂

        Salaam..

        1. sama sama bang mab, 😀

  5. hahah… lucu rasanya klo dah baca wiro sableng…

    klo ane sukanya kopingho… 🙂

    selalu ada solusi

    1. Saya sudah banyak menamatkan serial kopingho yang jumlah halamannya tebel2 itu, namun teste nya wiro sableng beda dengan serial KPH. 🙂 setidaknya menurut saya begitu, mgkin krena saya “cinta” banget ama serial WS…. 😀

  6. waktu masih SMP sering nyoba-nyoba baca buku ini koleksi om kita
    lumayan juga sih, apa lagi ada yang agak gimanaaaa ghitu…

    sedj

    1. Saleum bang Sedj,
      nah yg jadi pertanyaannya kalimat ” apa lagi ada yang agak gimanaaaa ghitu…” maksudnya apa ya? 😀 soalnya di serial WS saya tidak jumpai alur cerita yang vulgar, paling cuma untuk memberi gambaran tentang “keadaan” saja.
      saleum

  7. masih ada nih koleksiannya mas? boleh tuh dishare di http://www.pinjambuku.org
    biar saya bisa minjem 😀

    1. dirumah saya gak punya banyak novelnya mbak, karena disamping sulit didapat juga ada yang dibawa kabur oleh peminjam, saya koleksi ebooknya aja yang saya donlot dari web nya Kang Guzi
      sehingga saya bisa baca kapan aja.

  8. Marchei Riendra · · Reply

    Serial Wiro Sableng ya? ternyata disini ada penggemar sejatinya..
    Pas Saya masoh SD, setiap minggu jam 11 siang di RCTI, saya sudah nongkrong asik di depan televisi ditemani nenek untuk menonton ini.. 😀

    1. Saya malah gak suka nonton film WS yg di tv, soalnya cerita yg disajikan saya sudah tau berdasarkan judulnya. karena saya sudah terlalu sering menamatkan cerita WS hingga jika disebut judulnya apa saya sudah tau alur ceritannya gmna…
      saleum

  9. Wiro sableng itu masih jomblo nggak?

    1. dia mati lajang

  10. Sy dulu ngefans ma Asmaraman S. Khopingho. Dah seluruh cersilnya habis sy baca, Mas.

    1. Cersil KPH juga mantep pak, sayapun sudah menamatkannya….

  11. wahh jd inget dulu..saya mah tau jg film’a..favorit..hehee.. Asik.. Mantap poko’a..
    Salam

    1. Salam juga, novelnya juga asik sob 🙂

  12. Moch Adnan · · Reply

    kl dibandingkan dengan menonton serial TV, menurut saya lbh asyik baca Novelnya. iya gak mas?

    1. betul banget mas… 🙂 karna lebih jelas kita ketahui alur ceritanya dan karakter tokohnya….

  13. Salam Takzim
    Komplit plit plit Bener bener maniak 212 bang, kalau saja saya sekolah di SMP 212 bisa rajin baca ini buku, *halaah alasan
    Wiro sableng gurunya sito gendeng mantab
    Salam Takzim Batavusqu

    1. Saleum bang Is,
      Dijamin kalau sedang baca WS 212, hujan badai diluar gak saya hiraukan lagi bang, cuma pertajam kuping aja buat pantau keadaan, hahaha…
      syukurlah bang hingga saat ini saya masih suka baca WS disela senggangnya waktu….
      saleum, 🙂

  14. Sayang bastian tito belum sempat menamatkan episode WS212 …

    1. Umur manusia adalah ghaib sob, memang sih sayang rasanya buku sambungan itu belum sempat terselesaikan, padahal buku yang akan ditulis itu adalah seri terakhir sebagai jawaban atas seri yang sebelumnya
      saleum

  15. Mw nanya ni mas..ada serial wiro sableng sambungan dari Jabrik Sakti Wanara,,,,Pedang Naga Sanjaya 212 dan seterusnya..klo ada tlng kirim ke Email saya tatto_lyeman@yahoo.co.id

    klo ga ada downloadnya dimana?…..
    makasih sebelumnya..
    salam 212

    1. Saya belum melihat keberadaan novel sambungan yang agan maksudkan. mungkin tidak ada lagi yang mau melanjutkannya. kalaupun ada, saya melihat jalan ceritanya sudah tidak rasional lagi, tidak seperti yang dikarang oleh Alm. Bastian Tito.

  16. Kamil · · Reply

    kapan dong mulai tayang lagi d TV ??

  17. fachrul · · Reply

    jadi ga ada kelanjutan ya gan untuk sambungan dari serial wiro sableng ini, yg aku download ya sampe 191. Jabrik Sakti Wanara – ngga tau tuh yang ngarangnya siapa apa masih alm bastian tito atau si mike, di halaman terakhir bersambung ke 192. keris naga sanjaya 212… cari kemana-mana tanya sana sini pada blank semua mas… mohon infonya yah..thxs

  18. menurut ku sih, Alm. Bastian Tito ga akan pernah terganti…
    dan si Mike, adalah org yg ga bertanggung jawab…! kalo dia emang mau nerusin cerita WS, jangan nanggung dong… kata embah saya, jangan memulai hal yang tak ingin kita selesaikan.!

    #ups, sorry, kebawa emosi nih., hehe… Peace

    1. murid ku prnah bertemu dgn bocah edan itu,
      dan brpisah di lereng dieng,
      kata murid ku bocah edan itu menuju arah selatan,

  19. Amir hero · · Reply

    boleh saya menanya…..adakah wiro sableng itu satu org saja??
    oleh krna ade yg mmberitahu yg wiro adlah 1 org dan sableng adalah satu org??

  20. amir hero@ boleh ane jwb ente?…….adakah anda waras???….karena dikasih tau sm org tolol mau aj…..hahahahahahaha

  21. Bolel80 · · Reply

    Menurut cerita yng sy baca(semacam ringkasan smpi akhir sumber kaskus) Ws tdk mati,tp hanya membatu akibat sabda pandita ratu. Kemudian kembali di bebaskan keturunan Raja Mataram Rakai kayu wangi. Yg terakhir WS akan menghadapi Raja Penguasa Perut Bumi,dimna seluruh Nusantara diselimuti kabut putih. Siapapun yg terhisap akan tunduk kpd Raja PPB. WS Sempat menikah dg ratu duyung dan punya anak perempuan yg kemudian diasuh oleh Penguasa Langit,tp setelah melahirkan Ratu Duyung meninggal. Berselang tahun kemudian menikah dg Bidadari Angin Timur dan bermukim di gunung gede setelah mengalahkan Raja PPB *sorry brow kepanjangan* sayang sumber Kaskus yg saya baca telah di hapus oleh oknum yg tdk bertanggung jawab

    1. Musaddad · · Reply

      Bidadari angin timur gak akan jadian sama ws…krn dia udh dijodohin sama manusia landak yg dri negri 1200 th..hehehe

  22. so gimana tuh lanjutanxx… pleasss. pnasaran BGT…

  23. kabar tr ahkir yg saya tau,
    wiro ada di daerah selatan.

  24. Alimul Kohar · · Reply

    Assalamualaikum Alhamdulillah mas saya sudah baca sampai no 191 serial WS. banyak petuah dan norma sopan santun serta budaya timur yang diangkat diseri WS. saya sangat bangga dengan karya anak bangsa yang satu ini jika bisa diangkat ke layar lebar apalagi sekarang didukung teknologi efek film modern saat ini pasti lebih mantab. saya jamin semua orang pasti rindu dengan WS . mike harus tanggung jawab ngelanjutin seri 192 keris naga sanjaya atau jangan jangan Roh Wiro Sableng sudah tidak ada di Mike lagi jadi dia belum menulis kelanjutan novel WS. salam

    1. Yusri · · Reply

      Bener Banget tuuh… pokoknya Mike harus bertanggung jawab..!! siapa menabur angin, dia akan menuai badai….

  25. mike · · Reply

    Sebelumnya saya mohon maaf, bukan maksud saya tidak mau melanjutkan namun saya dan teman2 yg berniat melanjutkan kisah ini sudah dilarang oleh keluarga almarhum Bastian Tito (Vino G Bastian&Venito Bastian anak almafhum Bastian Tito) untuk melanjutkan kisah wiro dalam bentuk apapun. Larangan ini bersifat tegas dan menyangkut hukum yg mengikat sehingga kami tidak bisa berbuat apa2 lagi selain itu saya disibukkan oleh pekerjaan yg menyita waktu sehingga sudah tidak punya waktu lagi untuk menulis. Sekali lagi saya mohon maaf dan semoga kedepannya akan ada titik terang untuk permasaSebelumSebelumnya saya mohon maaf, bukan maksud saya tidak mau melanjutkan namun saya dan teman2 yg berniat melanjutkan kisah ini sudah dilarang oleh keluarga almarhum Bastian Tito (Vino G Bastian&Venito Bastian anak almafhum Bastian Tito) untuk melanjutkan kisah wiro dalam bentuk apapun. Larangan ini bersifat tegas dan menyangkut hukum yg mengikat sehingga kami tidak bisa berbuat apa2 lagi selain itu saya disibukkan oleh pekerjaan yg menyita waktu sehingga sudah tidak punya waktu lagi untuk menulis. Sekali lagi saya mohon maaf dan semoga kedepannya akan ada titik terang untuk permasaSebelumnya

  26. SALAM 212..perkenalkan nama saya arya senno tmpt tinggalku di sungai bahar unit 3 provinsi JAMBI..SAYA PENGGEMAR SERIAL PENDEKAR 212..tp syng nya skrng sulit di dpt novel tsb..bagi pembaca yg mau berkenal dgku call 085357060056.

  27. MANA EPISODE KERIS SANJAYA 212 NYA?

  28. SAMSURI · · Reply

    Wah kalau anak anak dari Bastian Tito melarang orang lain melanjutkan cerita WS seharusnya mereka bertanggung jawab untuk melanjutkannya ( cerita WS) klu emag merasamampu. jngan mengecewakan penggemar almarhum Bastian Tito. sy mengharapkan pd keluarga bp Bastian Tito untuk berpikir bijak. Semoga ada solusi yg baik demi untuk kelanjutan cerita WS ini. sy penggemar berat dr WS. Salam 212.

  29. SAMSURI · · Reply

    Untuk Mike tolong kordinasikan dong dengan keluarga bp Bastian Tito, gimana baiknya supaya cerita WS ini terus berlanjut. Salam hormat buat Mike dan kawan kawan yg telah sudi melanjutkan cerita kesayangan kita ini. Salam 212.

  30. akiyunus · · Reply

    ya jangan menhambat rezeki orang,untuk membuat cerita lanjutannya,kalaupun kel… mampu knp tdk melanjutkan ceritannya ingat kpd pihak yg terkait cobalah berpikir,supaya banyak berbuat amal,itupun buat almarhum juga. ridhoillah orang yg mau melnjutkan ceritanya …smg allah memberikan balasan org2yg telah berbuat kebaikan amin….buat kel; almarhum bastian tito saya ikut berbela sungkawa

  31. bukti nyata sebuah karya anak bangsa,….kl boleh usul, kenapa ngga di bikin versi animasi indonesia nya yah ( seperti naruto )…..karena karakternya akan lebih hidup di bandingkan serial tv nya,…dan bisa di terima oleh generasi sekarang…
    biar mereka tau dan terbebas dari serbuan komik dan kartun dari luar…….

  32. Tambahan Gan…gagang dari kapak naga geni bisa jadi seruling bila di tiup suaranya bisa merdu atau pun memekakan telinga lawan2ny…salam 212

  33. gayus · · Reply

    setahu sy,,wiro sableng gk mati lajang.sang pendekar pernah menikah dengan putri duyung dan memiliki seorang putra yg nantinya akan menjadi pendekar sakti mandra guna,,putri duyung sendiri akhirnya meninggal sesaat setelah melahirkan,,pendekar 212 juga pernah menikah dengan luh cinta,,pernikahan tsb dilaksanakan sebagai syarat untuk mengalahkan penguasa kerajaan bumi,yg pada waktu itu menguasai dan menebar kejahatan di tanah jawa dan andalas..tapi,seperti putri duyung,,luh cinta pun akhirnya meninggal sesaat setelah resmi menjadi suami sang pendekar..terakhir wiro sableng menikah dengan bidadari angin timur dan dikaruniai seorang putri.. kalau salah tolong di koreksi. salam 212

    1. ahmad · · Reply

      Dapat info dari mana mas,wiro nikah ama bidadari angin timur?

      Kalo itu sih saya setuju,bidadari angin timur galak dan judes…,cocok ama wiro

  34. bagaimana kelanjutan kisah WS.saya penggemar beratnya sejak masih SD………

  35. arifin · · Reply

    lajutan was 212 nya mana saudara mike nanggung nih ws 212 putus dijalan bikin penasaran

  36. Madoen · · Reply

    Ya seandainya saja ada produser lokal yg mw mengangkat cerita wiro ke layar lebar, dgn visual effect yg cukup canggih dan modern jaman skrg tidak sperti yg dulu, saya yakin film ini pasti akan mnjadi box office nya film indonesia, bahkan sampai luar negeri” Seperti teman2 yg lain, saya pun penggemar berat novel ini gan… Koleksi pun udh sbagian hilang dan hancur, untungnya ada ebook gratisan..hehehe.. Salam 212

Bagaimana menurut anda... :)