Akhirnya Aku Lega

Saleum,

Dengan nafas lega dan senyum terkembang saya kembali menyapa sahabat melalui blog dmilano.com ini yang sudah hampir 3 bulan tidak disentuh, diraba maupun dibelai – belai karena saya kesulitan mengakses blog ini.  Awalnya sih saya anggap biasa saja dengan kejadian tersebut mungkin faktor jaringan yang membatasi koneksi saya sehingga dengan setengah terpaksa saya membiarkan blog ini sendirian dan saya lalu bermigrasi ke tetangga yakni blogspot dan membuat blog baru disana dengan nama Cangkir Kupi. Walaupun sudah enak dengan cangkir kupi, akan tetapi hati ini tetap saja teringat pada blog ini dan permasalahannya sehingga kembali saya mengunjunginya. Iba, kasihan dan kangen bertumpuk menjadi satu dan melahirkan sebuah kekuatan untuk segera membereskan masalah yang terjadi.

Secara iseng saya mulai menggunakan tool dari iwebtool guna menimbang berat blog ini sekaligus melihat speed blog ini ketika diakses. Hasilnya sangat mencengangkan. Blog ini mempunyai size 151.03 KB, Load timenya 1.54 seconds dan Average Speed per KB yakni 0.01 /second.  Pantas saja gak bisa diakses oleh koneksi saya yang menggunakan fl**i, karena dengan size yang gendut begitu sudah pasti susah untuk dibuka dengan kualitas koneksi yang lemot 😦 . Walaupun demikian dalam hati masih bertanya, apakah memang karena size nya yang jadi masalah? Didorong oleh pertanyaan tersebut akhirnya dengan pasrah template/theme blog ini saya ganti menjadi yang sekarang ini kemudian ngacir lagi ke iwebtool guna menimbang size nya, hasilnya adalah Size: 85.86 KB, Loadtime:  1.16 seconds  danAS perKB nya  0.01 seconds. Coba bandingkan dengan ukuran semula, beda jauhkan 🙂

Dampaknya juga sangat signifikan yang saya rasa tatkala mengakses blog ini lagi karena sudah ringan seperti semula, apalagi sewaktu saya bersihkan beberapa widget yang tidak begitu penting membuat kecepatan akses blog ini semakin ringan. Lega dan bahagia karena blog ini kembali pada saya lagi.  Ah… cinta lama bersemi kembali ceritanya nih 😆

12 comments

  1. wah asyiikk…… buanyak blog nya om dee 😀

    1. hahaha… ini blog dah lama gak Oom rawat nak, syukurlah masih bisa kembali lagi. trimakasih dah mampir disini ya 🙂

  2. syukur deh, berarti ini sedang dalam masa bulan madu ya bang 😀

    semoga sukses terus menulis di sini dan di sana ya bang

    1. hehehe… malam ini malam pertamax ku dengan blog ini mbak Ni 🙂
      menulis disana dan disini sama aja kok… sama mengasyikkan

  3. berarti skrg blognya udah bisa di peluk dong.. hehe..

    1. Udah mbak, tepat dalam pangkuan nih 😆

  4. Syukurlah yg ini udah balik, ini udah ada feednya di tempatku, bisa lebih sering datang.
    Mau masukkan url yg bs, ternyata belum bisa muncul di bsku, apa udah keberatan juga ya, krn blogrollnya udah ratusan.

    Aku juga pernah bang blog jadi lelet gitu, terus ganti theme, cari yg nggak pakai header , dan buang banyak widget.
    Yg sekarang belum ngecek lagi

    1. begitupun dgn blog ini mbak monda, pas aku timbang beratnya ternyata gendut banget, hehehe…. akhirnya nekat aja ganti template dan buang widget, dan akhirnya bisa kembali beroperasi dgn size 85KB mbak 🙂

  5. wah bagus pak,kalau bisa akses blognya lagi dan dengan tampilan page yang lebih cepat.
    Saya udah lama nggak ngecek berapa load page web saya pak,mungkin hostingnya juga ikut mempengaruhi kecepatannya ya pak? karena banyak juga web yang menampilkan banyak image tapi dapat loading lebih cepat.

    Salam kenal pak,kunjungan pertamax nich sepertinya 😀

    1. loadingnya bisa cepat kalau menggunakan koneksi yang kuat sehingga walaupun banyak image tetap lancar saja. Tapi jika menggunakan koneksi pas2an akan jadi kendala 🙂
      itulah sebabnya berat blog ini langsung saya turunkan agar bisa diakses oleh pengguna koneksi yang pas2an tersebut.
      trimakasih atas kunjungannya 🙂

  6. Berarti mengurangi berat blog akan semakin ringan diakses ya mas dan sudah terbukti dong

    selamat atas kembalinya

    1. Untuk saat ini demikianlah asumsiku kang, sebab sewaktu berat blog ini 150kb dulu, aku memang gak bisa utk mengaksesnya sampai2 dalam fikiranku telah menuduh blog ini selingkuh, hehehee…. tapi setelah kucermati lagi dan sedikit bereksperimen, akhirnya terlihatlah bahwa berat blog yang gendut inilah yg jadi masalah.

Bagaimana menurut anda... :)